Toleransi

Lagi-lagi Reza menendang-nendang kaki kursiku dari belakang. Tidak hanya itu, ia juga tak berhenti mengetuk-ngetukkan pensilnya di meja. Karena merasa terganggu, aku menoleh ke belakang dan memelototinya dengan marah,"Hei, kamu ini berisik dan mengganggu sekali sih! Aku jadi tidak bisa memerhatikan penjelasan Bu Eli nih." Ia melihatku dengan rasa bersalah dan segera menghentikan gerakan-gerakannya. Tak sampai lima menit kemudian, ia kembali menendang-nendang kaki kursinya sendiri sambil bergumam-gumam. Aku menghela napas dan berusaha mendengarkan penjelasan Bu Eli sebisa mungkin.

Susah diam dan tenang

sumber: gradasitherapycenter.com

Pulang sekolah, aku mengadu pada ibuku,"Bu, Reza selalu menggangguku di kelas. Aku tidak suka kepadanya!" Kujelaskan tingkah laku Reza di kelas pada ibu. Ibu mendengarkanku dengan penuh perhatian lalu berujar,"Gilang, yang sabar ya. Ibu dengar Reza mempunyai suatu kondisi tubuh yang namanya ADHD. Anak-anak seperti ini sering tidak bisa diam dan tenang. Bukannya mereka sengaja, tapi mereka memang sulit untuk mengendalikan dirinya. Jangan kamu marahi, tapi coba kamu ajak berteman ya." Aku terdiam sejenak lalu menjawab,"Baik, Bu. Besok aku minta maaf pada Reza dan mengajaknya bermain bersama." Ibu tersenyum dan mengelus kepalaku,"Nah, ini baru anak Ibu! Ini yang namanya sikap toleransi."

Gagasan-gagasan dari paragraf pertama bacaan di atas adalah ....

(Pilih semua jawaban yang benar!)

A

Bu Eli memarahi Reza karena menggangguku

B

aku memarahi Reza

C

aku mengadu pada ibu tentang Reza

D

Reza merasa bersalah dan berhenti

Pembahasan:

Untuk menentukan gagasan dalam suatu kalimat, bacalah kalimat tersebut dengan saksama. Langkah berikutnya yaitu menentukan inti kalimat atau gagasan pokok dari kalimat, yang akan menjadi konsep teks.

Pada soal ini, gagasan-gagasan dalam paragraf pertama yaitu:

  • Reza menendang kaki kursiku dan mengetuk-ngetuk pensilnya (kalimat pertama dan kedua),
  • aku memarahi Reza (kalimat ketiga dan keempat),
  • Reza merasa bersalah dan berhenti (kalimat kelima),
  • Reza kembali menendang-nendang dan bergumam-gumam (kalimat keenam),
  • aku terpaksa mengabaikan gangguan Reza (kalimat terakhir).

Dari pilihan-pilihan jawaban yang ada, gagasan-gagasan yang ada paragraf pertama yaitu aku memarahi Reza dan Reza merasa bersalah dan berhenti.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.592 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini