Cermati kutipan cerita berikut!

Keong Emas

Seorang raja mempunyai dua orang putri cantik bernama Candra Kirana dan Dewi Galuh. Suatu hari pangeran tampan bernama Inu Kertapati melamar Candra Kirana. Timbullah rasa iri Dewi Galuh. Ia pun mendatangi Penyihir untuk mengubah Candra Kirana menjadi seekor keong dan membuangnya ke sungai. Ia bisa berubah kembali menjadi manusia jika menemukan pangerannya. Lalu Keong Emas tersebut ditemukan oleh seorang nenek dan dibawanya pulang. Rumah nenek itu tidak jauh dari sungai. Suatu hari ketika nenek sedang mencari ikan di sungai, Keong Emas menjelma menjadi manusia dan membantu semua pekerjaan rumah. Saat nenek tiba di rumah, ia kaget melihat isi rumah sudah bersih dan rapi. Di meja juga sudah tersedia hidangan lezat.

Beberapa bulan kemudian, sang Pangeran berhasil menemukan Keong Emas. Ia mengucapkan terima kasih kepada sang nenek. Akhirnya Candra Kirana dan Inu Kertapati menikah. Mereka hidup bahagia selamanya.

Latar cerita tersebut adalah .... (USBN 2018/2019)

A

dekat sawah

B

rumah nenek

C

pegunungan

D

tengah hutan

Pembahasan:

Latar (setting) adalah penjelasan tentang suasana tempat dan waktu dalam suatu cerita. Latar dibedakan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Cerita ini terjadi pada beberapa tempat yang tidak disebut secara langsung dalam teks cerita. Kita dapat menganggap tempat-tempat ini adalah istana kerajaan, rumah penyihir, sungai dan rumah nenek.

Latar tempat dari cerita ini adalah "rumah nenek", karena merupakan tempat dimana banyak kejadian diceritakan. Rumah nenek merupakan latar cerita dari mulai Keong Emas ditemukan nenek hingga Keong Emas ditemukan Pangeran.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.732 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini