Cermati teks berikut!

Gerakan 4M Plus merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran penyakit DBD. Pemerintah mulai menggalakkan Gerakan 4M Plus karena banyak masyarakat yang terkena penyakit DBD. Gerakan 4M Plus terdiri dari menutup penampungan air, menguras penampungan air, memantau secara berkala tempat penampungan air, dan mendaur ulang barung bekas yang dapat menampung air. Kegiatan plus yang dilakukan adalah mencegah perkembangbiakan nyamuk seperti tidak menggantung baju di kamar.

Nyamuk Aedes Aegypti membawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit DBD. Gejala yang dapat diamati dari penderita penyakit DBD adalah demam tinggi, nafsu makan berkurang dan muncul bintik-bintik merah pada kulit. Pemerintah mengimbau apabila ada warga yang terkena penyakit DBD segera melapor ke ketua RT/RW.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah .... (USBN 2018/2019)

A

nyamuk Aedes Aegypti membawa virus penyebab penyakit DBD

B

RT/RW bertanggung jawab terhadap penyebaran wabah penyakit DBD

C

demam dan nafsu makan berkurang penyebab wabah penyakit DBD

D

nyamuk bisa menyebabkan penyakit yang dapat mematikan orang

Pembahasan:

Untuk mencari pernyataan yang sesuai dengan teks, temukanlah hal yang berkaitan dengan isi teks yang dimaksud. Ini artinya, cek masing-masing pilihan jawaban lalu temukan kalimat dalam teks yang sesuai atau tidak terhadap pernyataan tersebut.

  1. Nyamuk Aedes Aegypti membawa virus penyebab penyakit DBD. Pernyataan ini tepat karena sesuai dengan isi paragraf kedua kalimat pertama.
  2. RT/RW bertanggung jawab terhadap penyebaran wabah penyakit DBD. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak sesuai dengan isi teks. Warganya sendirilah, bukan RT/RW, yang bertanggung jawab terhadap penyebaran wabah, dengan menjaga rumah dan lingkungan sekitar bebas dari nyamuk.
  3. Demam dan nafsu makan berkurang penyebab wabah penyakit DBD. Pernyataan ini tidak tepat karena tidak sesuai dengan isi teks. Demam dan nafsu makan berkurang adalah gejala penyakit DBD, bukan penyebabnya. Gejala ini muncul setelah, bukan sebelum, virus DBD menyerang tubuh.
  4. Nyamuk bisa menyebabkan penyakit yang dapat mematikan orang. Pernyataan ini tidak tepat karena virus yang dibawa nyamuk, bukan nyamuknya sendiri, yang bisa menyebabkan penyakit DBD.

Jadi jawaban yang tepat adalah nyamuk Aedes Aegypti membawa virus penyebab penyakit DBD.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.221 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini