Bank Soal IPA SMP Reproduksi pada Hewan

Soal

Perhatikan gambar berikut!

Tentang Penyu Indonesia | PROFAUNA

sumber: profauna.net

Sekali bertelur, penyu dapat menghasilkan telur hingga ratusan butir. Namun, tidak semua telur penyu dapat menetas dan tumbuh hingga dewasa, karena ….

A

tidak adanya nutrisi cadangan pada tubuh anak penyu

B

proses pengeraman pada telur penyu belum sempurna

C

suhu dan kelembapan di lautan tidak sesuai untuk anak penyu

D

adanya predator alami dan perburuan manusia

Pembahasan:

Penyu adalah spesies yang telah hidup di muka bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Penyu dapat bermigrasi dalam jarak ribuan kilometer antara daerah tempat makan dan tempat bertelur. Penyu sebagian besar hidup di laut dan akan pergi ke daratan ketika bertelur. Induk penyu bertelur dalam siklus 2-4 tahun sekali.

Ketika hendak bertelur, penyu akan membuat lubang di pasir dengan kedalaman 50-70 cm dengan menggunakan sirip belakangnya. Penyu akan bertelur sekitar 80–120 butir. Inkubasi telur penyu membutuhkan waktu 45-60 hari. Setelah itu telur akan menetas dan keluarlah tukik (anak penyu).

Beberapa ahli mengatakan tingkat keberhasilan hidup penyu sampai usia dewasa sangat rendah, hanya sekitar 1-2 % saja dari jumlah telur yang dihasilkan. Kelangsungan hidup penyu terancam dengan adanya pemangsa alami ketika dalam fase telur ataupun tukik, misalnya dimangsa oleh kepiting, burung, rubah, biawak, babi hutan, elang, dan ikan-ikan besar.

Telur dan daging penyu juga banyak diburu manusia untuk dijadikan bahan makanan dan obat. Sementara kerapas sisiknya dijadikan sebagai cenderamata. Pencemaran laut oleh minyak dan sampah plastik juga menjadi ancaman bagi kelestarian penyu. Oleh karena itu, penyu digolongkan sebagai hewan yang dilindungi karena terancam punah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah adanya predator alami dan perburuan manusia.

Video
23 November 2020
Reproduksi pada Hewan Cacing
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Ped...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal