Bank Soal Bahasa Indonesia SMA Menulis Teks Anekdot

Soal

Score: 2

Bacalah teks anekdot berikut dengan saksama!

Tanggal Muda

Sore itu, Kelvin berjalan pulang dengan suka cita. Hari itu adalah tanggal muda. Seperti kebanyakan pekerja lainnya, Kelvin gembira karena honornya sudah keluar. Ia lekas mencairkan honornya setelah pulang kerja. Sekarang, ia memikirkan untuk apa uang itu digunakan.

"Wah, kebetulan besok hari Minggu. Aku bisa jalan-jalan besok," batin Kelvin dengan girang.

Malamnya, Kelvin rebahan di kasur sembari membalas pesan para temannya. Dalam pesannya, teman-temannya memintanya untuk ikut nongkrong malam ini. Kelvin pun setuju. Beberapa menit kemudian, Kelvin sudah berganti baju. Ia pun ke luar dengan teman-temannya.

Kelvin menjadi pusat perhatian di tempat tongkrongan. Teman-teman Kelvin memuji-muji Kelvin yang kini sudah bekerja. Beberapa teman wanita Kelvin bahkan menggodanya.

"[...]" 

Kelvin yang sedang bergembira menimpali, "Tentu saja, ayo semuanya makan. Nanti saya yang bayar, ya!"

Teman-teman Kelvin pun bersorak gembira.

Sejam kemudian, Kelvin sudah berada di rumahnya. Tiba-tiba, ia teringat kalau ia harus membeli barang-barang kebutuhannya. Padahal, uangnya tinggal sedikit karena tadi untuk mentraktir teman-temannya. Kelvin lalu bergumam, "Ah, besok-besok pinjam saja kalau uangku mau habis. Pasti nanti juga dipinjamkan, apalagi tadi aku habis mentraktir mereka." 

Setelah berpikir demikian, Kelvin tidur dengan nyenyak.

Hari demi hari berganti. Lima belas hari kemudian, hal yang ditakutkan Kelvin terjadi. Uangnya semakin menipis sementara ia perlu uang untuk berbagai kebutuhan pokok. Akhirnya, ia menghubungi teman-temannya untuk meminjam uang. Sayangnya, setelah satu demi satu ditelepon, mereka menolak dengan berbagai alasan. Bahkan, ada yang tidak mengangkat teleponnya.

Kelvin terduduk lemas. Ia bertanya-tanya mengapa tidak ada yang membantunya. Lalu ia berkata lirih, "Oh, iya. Aku kan tidak punya uang. Kalau tidak punya uang, jangankan manusia, setan saja pura-pura tidak kenal!"

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian ujaran yang rumpang adalah ...

A

Jam tangan kamu baru, ya?

B

Wah, pasti uangnya banyak, nih!

C

Kamu punya pacar baru, ya?

D

Teman-teman, Kelvin sudah datang!

E

Gaji bulananmu berapa, Vin?

Pembahasan:

Teks anekdot adalah cerita singkat yang lucu dan mengesankan. Teks anekdot biasanya bercerita tentang orang penting atau orang terkenal yang didasarkan pada kejadian sebenarnya. Teks anekdot ditulis dengan tujuan menyindir atau mengkritik.

Sebelum melengkapi teks anekdot, kita perlu membaca terlebih dahulu keseluruhan teks. Setelah itu, kita cermati kalimat/paragraf yang letaknya berada pada sebelum/sesudah kalimat yang perlu ditambahkan.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian ujaran yang rumpang adalah Wah, pasti uangnya banyak, nih!

Kalimat tersebut cocok untuk mengisi ujaran yang rumpang karena berkaitan dengan tanggapan Kelvin berikutnya, yaitu Kelvin yang sedang bergembira menimpali, "Tentu saja, ayo semuanya makan. Nanti saya yang bayar, ya!"

Bahasa Indonesia Kelas 10 Teks Anekdot Menulis Teks Anekdot
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal