Bank Soal Bahasa Indonesia SMA Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Soal

Score: 2

Batombe, Tradisi Lisan dari Minangkabau

BATOMBE: Tradisi Berbalas Pantun di Minangkabau* - Balai Pelestarian Nilai  Budaya Sumatera Barat

Batombe adalah salah satu kesenian tradisional yang cukup populer dalam masyarakat Minangkabau. Kesenian ini merupakan bentuk seni berbalas pantun dengan diiringi alat musik rabab. Batombe dimainkan oleh kelompok pendendang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dendangan pantun dalam kesenian batombe biasanya merupakan ungkapan perasaan dan cerita perjalanan hidup seperti cinta, sedih, semangat, dan lain-lain. Pantunnya mengandung kata kiasan dan melepaskan hasrat hati.

Kesenian batombe umumnya dilaksanakan untuk mengisi berbagai acara perhelatan. Pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan adalah orang yang punya acara. Pemilik acara ini disebut sipangkalanSipangkalan bertanggung jawab mempersiapkan segala pertunjukan mulai dari tempat pelaksanaan, mengundang warga, dan membicarakan izin teknis pelaksanaan dengan penghulu. Sipangkalan juga menentukan pendendang serta menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Dalam pelaksanaan, biasanya para pendendang tidak mempunyai panduan atau teks pantun. Pelaksanaannya mengalir dengan spontan. Iringan musiknya juga cenderung monoton. Satu hal yang menarik dari kesenian ini adalah lantunan pantun yang sering menggambarkan keadaan faktual sehingga penikmat merasa betah berlama-lama menyaksikannya. Kesenian batombe juga sering melibatkan orang lain atau penonton dalam balas pantun.

Saat ini, pelaksanaan batombe telah berkembang di masyarakat. Batombe digunakan dalam berbagai acara seperti perkawinan, pembangunan rumah, memasuki rumah, batagak penghulu, dan menyambut tamu. Tidak hanya penerapannya, akesoris dan musik pengiring juga berkembang sesuai dengan kondisi masyarakat terkini dan keinginan para penikmatnya. Batombe yang dulunya berfungsi untuk membangkitkan semangat, kini juga berkembang menjadi hiburan masyarakat. 

(Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id, dengan penyesuaian)

Dalam teks laporan hasil observsi, paragraf ketiga dalam teks tersebut termasuk dalam bagian ....

A

pernyataan umum

B

deskripsi manfaat

C

argumentasi

D

deskripsi bagian

E

rekomendasi

Pembahasan:

Teks tersebut adalah teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang objek atau situasi yang diamati. Teks laporan hasil observasi memiliki struktur sebagai berikut.

  • Pernyataan umum berisi keterangan umum tentang objek yang diamati.
  • Deskripsi bagian berisi penjelasan yang memerinci objek yang diamati.
  • Deskripsi manfaat berisi manfaat dari objek yang diamati.

Dalam teks laporan hasil observsi, paragraf ketiga dalam teks tersebut termasuk dalam bagian deskripsi bagian. Paragraf tiga berisi penjelasan tentang pelaksanaan kesenian batombe.

Bahasa Indonesia Kelas 10 Teks Laporan Hasil Observasi Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal