Bank Soal Bahasa Indonesia SMA Fakta dan Opini

Soal

Score: 2

Perhatikan artikel berikut ini!

Protokol Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia kian meningkat. Bertambahnya jumlah kasus ini membuat angka infeksi Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta. (1) Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah Indonesia. (2) Protokol kesehatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus Covid-19 dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi. (3) Protokol kesehatan tersebut meliputi menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta wajib menjaga jarak. (4) Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena bukan merupakan suatu kebiasaan untuk kita semua. Namun, kita harus bekerja lebih keras lagi untuk selalu mengingatkan diri sendiri, orang di sekitar kita, serta orang lain untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penambahan kasus dan pandemi segera berakhir. Pertambahan kasus ini bukan hanya menjadi moment yang paling menyedihkan. Namun, juga untuk menjadi pengingat agar kita senantiasa menjalankan protokol kesehatan

(Sumber: Kompas.com)

Kalimat nomor 1 termasuk opini karena ....

A

menggambarkan peristiwa yang belum terjadi

B

menjelaskan perkiraan penulis

C

menjelaskan pendapat penulis tentang solusi yang ditawarkan

D

menjelaskan penilaian penulis tentang sesuatu

E

menjelaskan data yang belum terbukti kebenarannya

Pembahasan:

Artikel merupakan jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat, biasanya ditulis dengan bahasa ilmiah populer.

Dalam artikel berisi informasi yang termasuk fakta atau opini. Dalam artikel, opini merupakan pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu. Opini biasanya dapat menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa.

Karena masih berupa pendapat, pikiran, penilaian atau pendirian seseorang, opini merupakan peristiwa yang belum atau tidak benar-benar terjadi. Kalimat yang mengandung opini biasanya menggunakan kata yang sifatnya belum pasti atau belum terjadi.

Dalam artikel di atas, contoh kalimat yang termasuk opini adalah kalimat nomor 1, yaitu Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah Indonesia.

Kalimat tersebut termasuk opini karena menjelaskan pendapat penulis tentang solusi yang ditawarkan. Kata seharusnya menunjukkan pendapat penulis. Isi pendapat tersebut adalah sebuah solusi untuk mengatasi suatu permasalahan.

Jadi, kalimat nomor 1 termasuk opini karena menjelaskan pendapat penulis tentang solusi yang ditawarkan.

Bahasa Indonesia Kelas 12 Fakta dan Opini Artikel Fakta dan Opini
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal