Bank Soal Bahasa Indonesia SD Mengubah Puisi Menjadi Prosa

Soal

Parafrasa bait pertama puisi tersebut adalah ...

A

Waktu diibaratkan seperti sungai yang mengalir. Arusnya tenang, tetapi menghanyutkan siapa pun yang tidak siap dengan kendaraannya. Setiap harinya kita berada di atasnya dengan kendaraan kita, mencoba mendayung untuk sampai ke tujuan.

B

Waktu terus saja berjalan. Hari-hari yang terlewati dalam kalender setiap bulan dan setiap tahun harus diperbarui. Kita masih saja mengikuti arusnya dan mencari arti kehidupan.

C

Sungai waktu itu mengalir melewati hari-hari dalam kalender. Tiap bulan kalender itu disobek dan tiap tahun kalender itu akan digantikan dengan kalender baru. Kita masih saja tetap berjalan mengikuti arus sungai waktu dan tersesat.

D

Sungai waktu terus saja mengalir membuat percikan hari yang berjajar dalam kalender, yang tiap bulan harus disobek, yang tiap tahun harus dilipat, terlewat begitu saja. Kita masih setia berenang dan terus mencari.

Pembahasan:

Parafrasa adalah pengungkapan atau penguraian kembali sebuah teks menjadi bentuk susunan kata yang lain. Pengubahan susunan kata ini bertujuan untuk menjelaskan makna yang tersembunyi yang terdapat di dalam teks.

Cara untuk membuat parafrasa dari sebuah puisi adalah dengan menguraikan kembali isi puisi secara tertulis dalam bentuk prosa dengan menggunakan kalimat sendiri. Selain itu, kita dapat menambah atau mengurangi kata untuk membuat larik puisi tersebut menjadi lebih mudah dipahami.

Bentuk parafrasa dari puisi di atas dapat digambarkan seperti berikut.

sungai waktu terus saja mengalir berjalan.

percikan hari-hari berjajar yang terlewati dalam kalender

yang tiap setiap bulan harus disobek

yang tiap dan setiap tahun harus dilipat terus diperbarui.

kita masih saja setia berenang mengikuti arus waktu

dan terus mencari arti kehidupan.

Maka dari itu, bentuk parafrasa bait pertama puisi tersebut adalah

Waktu terus saja berjalan. Hari-hari yang terlewati dalam kalender setiap bulan dan setiap tahun harus diperbarui. Kita masih saja mengikuti arusnya dan mencari arti kehidupan.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal