Perhatikan kutipan teks berikut!

Di sebuah desa, hiduplah seorang pemuda miskin yang sebatang kara. Dia tidak mempunyai harta benda kecuali gubuk rapuh peninggalan orang tuanya. Untuk menghidupi dirinya, pemuda tersebut mencari kayu bakar di hutan, yang lalu dijualnya atau ditukarnya dengan kebutuhan pokok lainnya. Walaupun hidup serba kekurangan, pemuda tersebut sangat baik hati dan penyabar.

Kutipan teks di atas merupakan bagian dari orientasi pada struktur teks cerita imajinasi. Alasannya adalah karena teks tersebut berisi ....

A

kemunculan sebuah masalah dalam cerita

B

perkenalan tokoh dan latar dalam cerita

C

penyelesaian masalah dalam cerita

D

pesan yang dapat diambil dari cerita

Pembahasan:

Orientasi merupakan bagian pengenalan tokoh dan latar cerita. Pada bagian orientasi dapat pula diperkenalkan gambaran alur. Kutipan teks di atas memperkenalkan tokoh dan latar. Tokoh dalam cerita tersebut adalah tokoh “dia”, yaitu si pemuda miskin dan sebatang kara. Adapun latar yang ditunjukkan dalam kutipan di atas meliputi latar tempat di sebuah desa dan hutan. Dengan demikian, kutipan teks di atas merupakan bagian dari orientasi pada struktur teks cerita imajinasi karena teks tersebut berisi perkenalan tokoh dan latar dalam cerita.

Bahasa Indonesia Kelas 7 Menulis Cerita Imajinasi Struktur dan Kebahasaan Cerita Imajinasi KD3.4
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.647 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini