Perhatikan kutipan teks berikut!
Di sebuah desa, hiduplah seorang pemuda miskin yang sebatang kara. Dia tidak mempunyai harta benda kecuali gubuk rapuh peninggalan orang tuanya. Untuk menghidupi dirinya, pemuda tersebut mencari kayu bakar di hutan, yang lalu dijualnya atau ditukarnya dengan kebutuhan pokok lainnya. Walaupun hidup serba kekurangan, pemuda tersebut sangat baik hati dan penyabar.
Kutipan teks di atas merupakan bagian dari orientasi pada struktur teks cerita imajinasi. Alasannya adalah karena teks tersebut berisi ....
A
kemunculan sebuah masalah dalam cerita
B
perkenalan tokoh dan latar dalam cerita
C
penyelesaian masalah dalam cerita
D
pesan yang dapat diambil dari cerita
Pembahasan:
Orientasi merupakan bagian pengenalan tokoh dan latar cerita. Pada bagian orientasi dapat pula diperkenalkan gambaran alur. Kutipan teks di atas memperkenalkan tokoh dan latar. Tokoh dalam cerita tersebut adalah tokoh “dia”, yaitu si pemuda miskin dan sebatang kara. Adapun latar yang ditunjukkan dalam kutipan di atas meliputi latar tempat di sebuah desa dan hutan. Dengan demikian, kutipan teks di atas merupakan bagian dari orientasi pada struktur teks cerita imajinasi karena teks tersebut berisi perkenalan tokoh dan latar dalam cerita.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 43.647 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Baca teks berikut ini dengan cermat.
Akibat adanya virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar dalam lembaga pendidikan formal diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online. Namun kegiatan tersebut seringkali mengalami kendala. Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa.
Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Melalui unggahan di akun Facebook pribadinya, ia menceritakan perjuangannya mengajar di masa pandemi.
Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan memberikan instruksi dan materi pelajaran melalui gawai. Namun hal itu tidak semudah yang diharapkan. Penyebabnya adalah karena tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika pun mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, orangtua siswa sibuk bekerja di sawah, sehingga mereka tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.
Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"
Unggahan Avan di Facebooknya tersebut kemudian viral. Banyak warganet yang tersentuh dan mendukung Avan. Sebuah akun yang bernama Uti Nyiut memberi komentar, "Semoga selalu diberi kesehatan, ya, Pak. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi berkah." Akun lain yang bernama Rubi Rubiarsih juga memberi komentar, "Guru teladan, baik dijadikan contoh untuk semua guru di Indonesia."
Avan adalah guru yang sangat peduli terhadap keberlangsungan belajar siswanya. Semangatnya dalam mengajar bagaikan matahari yang senantiasa menyinari bumi. Ia rela mengorbankan waktu dan tenaganya agar siswanya bisa mendapat pelajaran yang layak. Inisiatifnya tersebut juga tetap ia sertai dengan kesadaran mematuhi protokol kesehatan.
(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)
Majas perumpamaan dalam teks di atas terdapat pada paragraf ....
Di bawah ini yang tidak bisa dioperasikan dalam bentuk penjumlahan/pengurangan adalah ….
Hasil dari adalah ....
Yang saya hormati Bapak Ibu kepala direktur,
serta rekan-rekan yang saya banggakan,
Bagian teks di atas termasuk dalam struktur ....
Berdasarkan tokoh ceritanya, teks inspiratif dibagi menjadi beberapa jenis. Cerita yang mengisahkan pengalaman hidup seorang ahli agama adalah ....