Bacalah teks berikut dengan saksama!

Dahulu kala hiduplah seorang anak lelaki bernama Juan. Umurnya enam tahun dan ia hidup di sebuah rumah kecil dekat sungai bersama orangtuanya dan seorang kakak perempuan. Suatu hari ia mendengar teriakan, "Tolong, tolong!"

Juan mencari sumber suara tersebut dan menemukan benih berwarna coeklat sebesar ibu jarinya. Benih tersebut tergeletak di atas batu. Juan bertanya, "Ada apa?" Benih tersebut menjawab, "Senang sekali kamu datang, sudah lama aku duduk di sini. Aku tahu ada sesuatu yang harus aku lakukan. Sesuatu yang harus aku ketahui. Tapi aku tidak yakin apa itu. Apa kamu tahu apa yang harus aku lakukan?"

Mendengar hal tersebut Juan membawa benih tersebut pulang. Juan tahu apa yang harus dilakukan biji-bijian. Juan menggali tanah samping rumah yang disinari matahari, meletakkan benih ke dalam tanah, menutup, dan menyiraminya dengan air.

Semakin lama, benih tersebut berubah. Ia tumbuh menjadi sesuatu yang penting. Ya, benih tersebut kini menjadi pohon dan memiliki bunga indah yang bermekaran. Si pohon berkata pada Juan, "Terima kasih sahabat, kamu telah memeliharaku dengan penuh kasih sayang. Kini aku tahu apa yang harus aku lakukan." Juan menjawab, "Kamu sangatlah penting, kamu telah memberikan kami udara, keteduhan, dan kecantikan untuk kami. Aku memang sahabatmu, tapi kamu sahabat untuk seluruh dunia."

(Sumber: Living values activity for children, dengan perubahan)


Pesan yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah ....

A

tanamlah pohon karena ia sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia

B

ajaklah tanaman berbicara agar tumbuh subur

C

jangan mau berbicara dengan orang yang belum kita kenal

Pembahasan:

Pesan yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah tanamlah pohon karena ia sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Nilai tersebut dapat kita temukan pada akhir cerita ketika Juan berkata,

"Kamu sangatlah penting, kamu telah memberikan kami udara, keteduhan, dan kecantikan untuk kami. Aku memang sahabatmu, tapi kamu sahabat untuk seluruh dunia."


Jika Juan tidak menanam benih yang ditemukannya, maka tanaman tersebut tidak akan tumbuh dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Bahasa Indonesia Kelas 3 Menulis Pesan dalam Dongeng Menguraikan Pesan KD3.8 Tema 4
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.646 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini