Bank Soal Kimia SMA Konsep Larutan Penyangga dan Sistem Penyangga

Soal

Pilgan

Larutan penyangga merupakan jenis larutan yang mendasari berbagai proses biokimia, mikrobiologi, dan kimia analitis. Alasan penggunaan larutan penyangga adalah karena semua proses tersebut ....

A

memerlukan larutan asam dan basa

B

melibatkan proses reaksi asam basa

C

sangat sensitif pada perubahan pH

D

membutuhkan kondisi pH netral

E

mengharuskan terjadinya perubahan pH

Pembahasan:

Larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan nilai pH tertentu. Larutan ini dibedakan menjadi dua macam, yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa. Larutan penyangga asam adalah larutan yang dapat mempertahankan nilai pH pada kondisi asam (pH << 7). Larutan penyangga basa adalah larutan yang akan mempertahankan nilai pH pada kondisi basa (pH >> 7).

  • Larutan penyangga asam terdiri dari larutan asam lemah dan basa konjugasinya, sedangkan larutan penyangga basa terdiri dari larutan basa lemah dan asam konjugasinya.
  • Larutan penyangga dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti kimia analitis, biokimia, dan mikrobiologi. Penggunaan larutan penyangga disebabkan proses-proses tersebut sangat sensitif pada perubahan pH sehingga harus digunakan larutan yang akan mengalami perubahan pH secara tidak signifikan pada penambahan sedikit asam dan basa.

Contoh pemanfaatan larutan penyangga:

  1. Dalam bidang biokimia: Phosphate-buffered saline (PBS) adalah larutan penyangga yang terdiri dari Na2HPO4, NaCl, KH2PO4, dan KCl. Larutan ini dapat bekerja optimum pada pH 7,4 dan dibuat untuk meniru larutan biologis sehingga memiliki kemiripan dengan kekuatan ionik dan pH sel mamalia.
  2. Dalam bidang mikrobiologi: TE buffer terdiri dari Tris-HCl (C4H12ClNO3) dan EDTA.Na2 (C10H14N2Na2O8). Larutan ini dapat bekerja optimal pada pH 8,0. Larutan ini digunakan dalam penelitian yang berhubungan dengan asam nukleat untuk menjaga jalannya elektroforesis atau secara umum sebagai penyangga penyimpanan untuk asam nukleat.
  3. Dalam bidang kimia analitis: Campuran larutan CH3COONa dan CH3COOH untuk uji perubahan pH yang terjadi. pH larutan tersebut akan bernilai kurang dari 7.

Jadi alasan penggunaan larutan penyangga adalah karena semua proses tersebut sangat sensitif pada perubahan pH.

Video
28 April 2022
Konsep Larutan Penyangga dan Sistem Penyangga | Kimia | Kelas XI
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal