Bank Soal Biologi SMA Gangguan Sistem Pencernaan Manusia

Soal

Pilgan

Pak Satrio memiliki penyakit dengan gejala 3D (dermatitis, diare, dan demensia). Hal ini dikarenakan kekurangan ....

A

vitamin A

B

vitamin B3

C

vitamin B12

D

vitamin C

E

vitamin D

Pembahasan:

Pellagra adalah penyakit yang ditandai dengan diare, dermatitis, dan demensia. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa berujung pada kematian. Pellagra muncul akibat kekurangan niasin (vitamin B3). Tanda-tanda dan gejala pellagra yang paling umum diantaranya ruam yang bersisik dan tebal pada kulit saat terkena sinar matahari, mulut bengkak dan lidah berwarna merah terang, muntah dan diare, sakit kepala, lemas, depresi, lingkung, dan hilang ingatan.

Vitamin B3 dapat diperoleh dari hati, ginjal, ikan, daging, ayam, dan kacang tanah. Vitamin B3 berperan sebagai koenzim dalam reaksi oksidasi-reduksi pada glikolisis, berperan dalam metabolisme protein dan lemak, serta pernapasan dan sel. Kelebihan vitamin B3 akan dikeluarkan melalui urine.

Jadi, penyakit Pak Satrio adalah pellagra karena kekurangan vitamin B3.


*Kekurangan vitamin A mengakibatkan xeroftalmia, rabun senja, kulit kasar, kelelahan. Vitamin A dapat diperoleh dari kuning telur, susu, sayuran hijau, wortel, pepaya, atau tomat.

*Kekurangan vitamini B12 mengakibatkan penurunan berat badan, pusing, anemia, peradangan saraf. Vitamin B12 dapat diperoleh dari susu, telur, ikan atau keju.

*Kekurangan vitamin C mengakibatkan terganggunya imunitas tubuh, pendarahan pada gusi dan persendian, skorbut, terhambatnya pembentukan kolagen, kulit berisisik, dan penurunan fungsi pembuluh darah, otot, dan tulang rawan. Vitamin C dapat diperoleh dari jeruk, nanas, pepaya atau tomat.

*Kekurangan vitamin D mengakibatkan rakitis dan osteomalasia. Vitamin D dapat diperoleh dari kuning telur, minyak ikan, krim, atau keju.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal