Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif

Soal

Score: 2

Barata Menunggu Ditolong Dewa

Pada suatu ketika, ada sebuah desa yang terletak di bantaran sungai. Desa tersebut memiliki sebuah kuil yang diurus oleh seseorang bernama Barata yang sangat taat beribadah. Kuil itu juga sering dikunjungi oleh warga untuk berdoa.

Tiba-tiba, saat peralihan musim, turunlah hujan deras yang menyebabkan sungai meluap. Perlahan tapi pasti, air mulai memasuki rumah warga sampai setinggi mata kaki. Sebagian besar warga mengungsikan diri sembari membawa barang berharga. Salah satu warga yang mengungsi memperingatkan Barata yang masih berdoa di kuil untuk ikut mengungsi. Akan tetapi, Barata justru berkata, "Aku tidak seperti kalian. Kamu pikir aku akan pergi begitu saja? Aku yakin sang Dewa akan menyelamatkanku!" Warga itu pun meninggalkan Barata.

Hujan ternyata masih berlanjut. Ketinggian air pun sudah mencapai pinggang. Warga yang tersisa menggunakan perahu untuk menyelamatkan diri. Beberapa warga memeriksa kuil dan menemukan Barata duduk di atas meja altarnya. Mereka memaksa Barata untuk ikut bersama mereka naik ke atas perahu. Akan tetapi, Barata tetap menolak untuk pergi dengan alasan yang sama.

Barata masih terus berdoa di dalam kuil. Hujan deras terus turun dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera reda. Air pun terus naik hingga Barata harus naik ke atap. Beberapa saat kemudian, datanglah kapal besar untuk menjemputnya. Barata masih menolak untuk mengungsi dengan alasan yang sama. Ia yakin bahwa Dewa sendiri yang akan menyelamatkannya.

Karena keadaan yang makin berbahaya, kapal pun meninggalkan Barata. Satu jam berlalu sejak kapal meninggalkannya. Hujan makin deras dan ketinggian air makin naik. Barata mulai kesulitan untuk bertahan di atap. Ia mulai panik dan berkata, "Dewa, aku sudah selalu taat menyembah-Mu. Mengapa Engkau membiarkan aku menderita begini?"

Tidak lama, muncullah bisikan misterius, "Aku tahu engkau taat kepada-Ku. Karena itu, Aku telah mencoba menyelamatkanmu tiga kali. Satu, dengan orang yang pertama kali memperingatkanmu untuk mengungsi. Dua, dengan perahu. Tiga, dengan kapal besar. Hanya saja, kau tak mengindahkannya."

Cerita tersebut mengajarkan kepada kita bahwa manusia diberi keselamatan melalui banyak cara. Salah satunya dengan perantaraan orang-orang yang ada di sekitar kita. Hanya saja, kita sering kali tidak menyadarinya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Komplikasi yang terdapat dalam teks cerita inspiratif tersebut adalah ...

A

Bima terus-menerus berdoa di ruangannya hingga air memasuki ruangannya dan ia kesulitan untuk bertahan.

B

Air hujan terus meninggi hingga Bima harus naik ke atap dan diselamatkan oleh helikopter tim SAR yang menjemputnya.

C

Bima kesulitan bertahan di atap karena ketinggian air makin naik dan ia terlambat untuk mengevakuasi diri.

D

Bima mendengarkan nasihat seseorang dan segera turun dari atap karena ada helikopter yang masih menunggunya.

Pembahasan:

Komplikasi adalah struktur cerita inspiratif yang berisi klimaks atau puncak masalah dalam cerita.

Komplikasi dalam teks di atas terdapat pada paragraf kelima. Pada paragraf ini, Bima harus naik ke atap karena ketinggian air terus naik. Bima kesulitan untuk bertahan di atap karena menolak bantuan helikopter tim SAR yang menjemputnya.

Karena keadaan yang makin berbahaya, helikopter pun meninggalkan Bima. Satu jam berlalu sejak helikopter pergi. Hujan makin deras dan ketinggian air makin naik. Bima mulai kesulitan untuk bertahan di atap. Ia mulai panik dan berkata, "Dewa, aku sudah selalu taat menyembah-Mu. Mengapa Engkau membiarkan aku menderita begini?"

Jadi, jawaban yang benar adalah Bima kesulitan bertahan di atap karena ketinggian air makin naik dan ia terlambat untuk mengevakuasi diri.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Cerita Inspiratif Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Inspiratif KD3.12
Video
03 Mei 2021
Kisah Melisa, Siswi SD Berprestasi Meski Menuli...
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal