Bank Soal Bahasa Indonesia SD Ide Pokok

Soal

Baca teks berikut ini dengan cermat!

Lebah madu tergolong kelas insekta dalam famili Apini dan genus Apis. Dalam klasifikasi biologi, lebah madu termasuk ke dalam ordo Hymenoptera, yang berarti bersayap bening. Lebah madu sendiri memiliki sembilan spesies di seluruh penjuru dunia, di antaranya Apis dorsata, Apis laboriosa, Apis mellifera, Apis florea, Apis andreniformis, Apis cerana, Apis koschevnikovi, Apis nigrocincta, dan Apis nuluensis. Lebah madu menjadi serangga yang paling banyak dicari dan dibudidayakan oleh masyarakat karena madu yang dihasilkannya.

Lebah madu jenis Apis mellifera adalah yang paling banyak dibudidayakan masyarakat. Lebah tersebut menjadi jenis yang paling unggul di antara jenis lebah madu yang lain. Lebah jenis ini berasal dari daerah subtropis, yaitu benua Eropa. Apis mellifera memiliki perisai di antara sayapnya dan memiliki gelang berwarna kekuningan di belakang abdomen (rongga perut). Lebah ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena produksi madunya yang tinggi.

(Dikutip dari berbagai sumber, dengan penyesuaian)

Kalimat utama paragraf kedua adalah ...

A

Apis mellifera paling banyak dibudidayakan masyarakat.

B

Apis mellifera memiliki produktivitas yang tinggi.

C

Apis mellifera berasal dari daerah subtropis.

D

Apis mellifera merupakan jenis paling unggul.

Pembahasan:

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide pokok yang menjadi gagasan utama untuk mengembangkan paragraf. Kalimat utama biasanya terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kalimat utama memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Berisi pernyataan umum.
  2. Berupa kalimat lengkap yang mempunyai arti jelas.
  3. Mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut.
  4. Dalam paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata kunci, seperti jadi, oleh karena itu, dan dengan demikian.

Kalimat utama paragraf kedua adalah Apis mellifera paling banyak dibudidayakan masyarakat. Kalimat tersebut mengandung ide pokok yang dijelaskan lebih lanjut pada kalimat-kalimat setelahnya. Kalimat-kalimat setelahnya berisi penjelasan tentang alasan lebah madu jenis Apis mellifera banyak dibudidayakan.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal