Bank Soal Bahasa Indonesia SD Set1

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Gerakan 4M Plus merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran penyakit DBD. Pemerintah mulai menggalakkan Gerakan 4M Plus karena banyak masyarakat yang terkena penyakit DBD. Gerakan 4M Plus terdiri dari menutup penampungan air, menguras penampungan air, memantau secara berkala tempat penampungan air, dan mendaur ulang barung bekas yang dapat menampung air. Kegiatan plus yang dilakukan adalah mencegah perkembangbiakan nyamuk seperti tidak menggantung baju di kamar.

Nyamuk Aedes Aegypti membawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit DBD. Gejala yang dapat diamati dari penderita penyakit DBD adalah demam tinggi, nafsu makan berkurang dan muncul bintik- bintik merah pada kulit. Pemerintah mengimbau apabila ada warga yang terkena penyakit DBD segera melapor ke ketua RT/RW.

Sinonim kata yang bergaris bawah pada paragraf kedua adalah .... (USBN 2018/2019)

A

memberi

B

mengambil

C

meminta

D

menghiraukan

Pembahasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mengimbau artinya meminta (menyerukan) dengan sungguh-sungguh; mengajak. Jadi sinonim atau persamaan kata dari mengimbau adalah meminta. Kata ini sesuai dengan makna kalimat, yaitu pemerintah meminta kepada warga untuk segera melapor ke ketua RT/RW jika ada kasus DBD di lingkungannya.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal