Bank Soal Bahasa Indonesia SD Kata Hubung

Soal

Pilgan

Ujian Ditunda

Saat sedang sibuk mengerjakan soal ujian, tiba-tiba ada bunyi kencang yang mengejutkan teman-teman sekelasku. Tak lama kemudian tercium bau tidak sedap yang menyebar ke seluruh kelas. "Ada yang kentut!" teriak seseorang. Sekejap kelasku riuh dengan suara tawa dan jeritan ingin keluar kelas. [...] ujian hari itu ditunda.

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi bacaan di atas adalah ....

A

karena itu

B

akibatnya

C

sampai

D

bahkan

Pembahasan:

Bacaan di atas bercerita tentang ujian yang ditunda akibat ada gangguan bunyi dan bau. Kata hubung dalam kalimat terakhir menerangkan sebab akibat antara ujian yang ditunda dan gangguan bunyi dan bau. Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah akibatnya. Masukkan kata ini ke dalam teks dan perhatikan bahwa sekarang rangkaian kalimatnya saling berkaitan dan padu.

Saat sedang sibuk mengerjakan soal ujian, tiba-tiba ada bunyi kencang yang mengejutkan teman-teman sekelasku. Tak lama kemudian tercium bau tidak sedap yang menyebar ke seluruh kelas. "Ada yang kentut!" teriak seseorang. Sekejap kelasku riuh dengan suara tawa dan jeritan ingin keluar kelas. Akibatnya ujian hari itu ditunda.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal