Bank Soal IPA SD Daur Hidup Hewan

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan gambar di bawah ini!

Astuti, Indra, dan Bonita melakukan percobaan untuk mengamati metamorfosis. Mereka melakukannya dengan cara yang berbeda-beda. Menurutmu siapakah yang akan berhasil dalam percobaan tersebut?

A

Astuti, karena dia memberikan daun sebagai makanan ulat dan tidak memberi lubang pada media sehinggga tidak akan diganggu oleh lalat atau nyamuk.

B

Bonita, karena dia memberikan daun sebagai makanan ulat serta lubang pada media untuk keluar masuknya oksigen dan karbon dioksida.

C

Indra, karena dia tidak memberikan daun sehingga akan lebih cepat untuk berubah menjadi kepompong.

D

Ketiga anak akan berhasil melakukan percobaan.

Pembahasan:

Dalam proses percobaan pengamatan metamorfosis, kemungkinan yang akan berhasil yaitu Bonita karena ia memberikan daun kepada ulat sehingga mendapatkan sumber makanan. Perlu diketahui bahwa pada fase kepompong akan tetap membutuhkan sumber makanan. Sumber makanan tersebut di dapatkan dari cadangan makanan, untuk itu pada fase ulat perlu memakan daun dalam jumlah yang banyak. Pada percobaan tersebut, ulat juga perlu diberikan daun segar setiap hari yang sama jenisnya. Selain itu, pada media perlu diberikan lubang sebagai jalur pertukaran oksigen dan karbon dioksida saat ulat bernapas.

Kemungkinan yang dilakukan astuti tidak akan berhasil karena media tidak diberi lubang sehingga ulat akan kekurangan oksigen, akibatnya ulat bisa mati sebelum menjadi kepompong. Begitu pula dengan Indra yang tidak memberikan daun sebagai sumber makanan, ulat sulit bertahan hidup tanpa makanan.


Video
18 Maret 2020
Daur Hidup (Daur Hidup Hewan)
Rangkuman
 
28 Mei 2020
Bagian Tubuh Hewan | IPA | Kelas 4 | Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup | Subtema 2 Keberagaman...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal