Uji Coba Tangga Piano
(Sumber gambar: beyond-social.org)
Rumusan masalah: Bagaimana pengaruh tangga piano terhadap pejalan kaki?
Tujuan: Tujuan uji coba tangga piano dilakukan untuk mengetahui pengaruh tangga piano terhadap pejalan kaki.
Hipotesis: Tangga piano dapat mengurangi kebiasaan pejalan kaki menggunakan eskalator.
Hasil: Setelah uji coba tangga piano dilakukan, presentase pejalan kaki yang memilih berjalan di tangga meningkat. Presentase pejalan kaki yang menggunakan tangga piano lebih besar daripada pejalan kaki yang menggunakan eskalator. Presentase pejalan kaki yang menaiki tangga piano mencapai 66 %, sedangkan presentase pejalan kaki yang menggunakan eskalator adalah 34 %.
Pembahasan: Hasil eksperimen tangga piano membuktikan bahwa seseorang dapat berubah menjadi lebih baik apabila pekerjaan sehari-hari yang membosankan dikemas dengan cara yang lebih menyenangkan. Dalam eksperimen tangga piano, pejalan kaki telah melakukan perubahan baik, yaitu beralih mencoba menggunakan tangga biasa daripada eskalator. Perubahan tersebut baik karena pejalan kaki yang menggunakan tangga piano akan lebih banyak menggunakan tenaga.
(Sumber: prezi.com dan selipan.com, dengan penyesuaian)
Prosedur yang sesuai untuk uji coba tersebut adalah ...
A
Pertama, tentukan lokasi tangga umum rute pejalan kaki. Kedua, susunlah tuts buatan sesuai dengan tangga nada yang ada dalam piano. Ketiga, sambungkan tuts buatan tersebut dengan kabel listrik. Keempat, pasang kamera untuk mengetahui reaksi pejalan kaki terhadap tangga piano.
B
Pertama, tentukan lokasi tangga umum rute pejalan kaki yang bersebelahan dengan eskalator. Kedua, susunlah tuts-tuts buatan di atas tangga biasa. Susun tuts-tuts tersebut sesuai dengan tangga nada yang ada dalam piano. Ketiga, sambungkan tuts buatan tersebut dengan kabel pelantang yang akan berbunyi saat tuts diinjak. Keempat, pasang kamera untuk mengetahui reaksi pejalan kaki terhadap tangga piano.
C
Pertama, tentukan lokasi tangga umum rute pejalan kaki yang bersebelahan dengan eskalator. Kedua, susunlah tuts-tuts buatan di atas tangga biasa. Susun tuts-tuts tersebut sesuai dengan tangga nada yang ada dalam piano. Ketiga, pasang kamera untuk mengetahui reaksi pejalan kaki terhadap tangga piano. Keempat, wawancarai pejalan kaki yang mencoba tangga piano.
D
Pertama, tentukan lokasi tangga umum rute pejalan kaki. Kedua, susunlah tuts buatan sesuai dengan tangga nada yang ada dalam piano. Ketiga, sambungkan tuts buatan tersebut dengan kabel pelantang yang akan berbunyi saat tuts diinjak. Keempat, mintalah orang-orang untuk mencoba tangga piano.
Pembahasan:
Untuk membuat urutan langkah-langkah percobaan yang benar harus memperhatikan kelogisan dan kesistematisan antar kalimat sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Prosedur yang sesuai untuk uji coba tersebut adalah
Pertama, tentukan lokasi tangga umum rute pejalan kaki yang bersebelahan dengan eskalator. Kedua, susunlah tuts-tuts buatan di atas tangga biasa. Susun tuts-tuts tersebut sesuai dengan tangga nada yang ada dalam piano. Ketiga, sambungkan tuts buatan tersebut dengan kabel pelantang yang akan berbunyi saat tuts diinjak. Keempat, pasang kamera untuk mengetahui reaksi pejalan kaki terhadap tangga piano.
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?
Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?
Ayo daftar untuk mendapatkan 44.164 soal latihan!
Soal Populer Hari Ini
Bagian cerita inspiratif yang berisi amanat dan pesan-pesan positif yang bisa kita petik dari teks adalah ....
Hasil dari
Hasil dari ....
(Pilih semua jawaban yang benar!)
Cermati pidato berikut!
(1) Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
(2) Yang saya hormati Bapak Ibu Wali Murid sekalian,
Dan anak-anak yang saya banggakan,
(3) Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilahturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan tak kurang suatu apapun.
(4) Pada kesempatan ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait dengan kenakalan remaja yang semakin marak di tengah perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini. Di tengah gempuran perkembangan teknologi dan komunikasi, banyak anak-anak muda yang sukses dalam meniti kehidupan dan prestasi. Namun, di balik itu tidak sedikit juga yang terjerumus ke dalam kenakalan remaja seperti pergaulan dan sosial yang salah.
(5) Mudahnya informasi untuk didapatkan saat ini secara tidak langsung membuat perilaku anak-anak remaja juga di atas nalar pikir orang dewasa. Selain itu, kemudahan memperoleh informasi tersebut terkadang disalahgunakan oleh anak remaja untuk mengakses hal-hal yang seharusnya tidak diakses oleh remaja. Hal ini tentu saja meresahkan orang tua, karena anak remaja bisa mendapatkan pengetahuan mengenai sesuatu hal namun tanpa pengarahan yang tepat justru akan membuat anak remaja tersebut terjerumus ke hal-hal yang negatif. Penggunaan obat-obatan terlarang dan perilaku menyimpang, misalnya.
(6) Untuk itu, saya mengajak orang tua sekalian untuk semakin menjaga dan mengarahkan putra-putrinya dalam menelusuri dunia maya. Semakin banyak pemblokiran internet untuk jejaring yang dianggap tidak pantas untuk diakses yang seharusnya membantu para orang tua untuk menghindarkan putra-putrinya dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saya mengajak anak muda sekalian, khususnya yang menghadiri acara ini. Berprestasilah setinggi mungkin, dan jadikan tiang agama dan norma sebagai pedoman dalam bersikap dan menjalani kehidupan agar tidak salah jalan. Ingatlah anak-anakku terkasih, jangan menyia-nyiakan kehidupan saat ini. Hiduplah agar menjadi berguna bagi sekitarmu. Mari berkarya dan berpartisipasi pula bagi kemajuan bangsa dan negeri kita ini.
(7) Demikian gagasan dan pendapat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan teman-teman sekalian. Saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekhilafan.
(8) Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nomor (7) dan (8) termasuk dalam struktur pidato, yaitu ....
Nilai sosial dan nilai moral termasuk ... cerita inspiratif.