Segi Tiga, Novel Cinta dari Sang Legenda

Tahun 2020, Indonesia kehilangan pujangga kenamaan, Sapardi Djoko Damono. Sapardi meninggal pada umur 80 tahun pada tanggal 19 Juli 2020. Ia dikenal masyarakat luas berkat puisinya yang sederhana, tetapi penuh dengan makna. Beberapa karyanya yang telah terbit, antara lain, Hujan Bulan Juni, Pingkan Melipat Jarak, dan Sepasang Sepatu Tua. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Sapardi kembali merilis karyanya, yaitu Segi Tiga. Segi Tiga diterbitkan pada Maret 2020.

Karya Sapardi yang berbentuk novel ini berkisah tentang ganas dan ruwetnya cinta pertama. Dalam Segi Tiga diceritakan kisah cinta yang rumit yang dialami enam tokoh, yaitu Suryo, Noriko, Gendis, Hanindyo, Tia, dan Wayan. Semua tokoh dalam novel memiliki pertautan yang unik dan menarik. Sebenarnya, keenam tokoh tersebut sudah digunakan oleh Sapardi dalam trilogi novel sebelumnya. Yang berbeda, dalam novel Segi Tiga terdapat Juru Dongeng. Juru Dongeng inilah yang memiliki otoritas mengendalikan cerita, yang artinya menjadikan semua tokoh layaknya wayang.

Novel ini memiliki daya tarik tersendiri. Meski diawali premis sederhana, kerumitan kisah benar-benar disajikan dalam novel Segi Tiga. Tokoh Juru Dongeng juga masih menjadi misteri hingga akhir cerita. Dalam novel Segi Tiga juga terdapat beberapa quote penggugah hati yang dapat menjadi nasihat dalam kehidupan. Berikut ini adalah contohnya.

Bahwa janji yang mungkin diucapkan tidak akan pernah ditepati sebab yang disebut besok itu tidak ada dan tidak pernah ada dan suara langkah kaki itu tetap seperti itu selama-lamanya sebab itu hanya berupa janji. (hlm. 47)

(Sumber: gramedia.com dengan penyesuaian)

Berikut ini adalah karya Sapardi Djoko Damono, kecuali ….

A

Hujan Bulan Juni

B

Sepatu Dahlan

C

Segi Tiga

D

Pingkan Melipat Jarak

Pembahasan:

Informasi tentang karya Sapardi Djoko Damono terdapat pada paragraf pertama kalimat keempat dan kelima.

Beberapa karyanya yang telah terbit, antara lain, Hujan Bulan Juni, Pingkan Melipat Jarak, dan Sepasang Sepatu Tua. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Sapardi kembali merilis karyanya, yaitu Segi Tiga. Segi Tiga diterbitkan pada Maret 2020.

Jadi, yang bukan karya Sapardi Djoko Damono adalah Sepatu Dahlan.

Bahasa Indonesia Kelas 9 Menulis Teks Tanggapan Identifikasi Informasi Teks Tanggapan
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.923 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini