Bank Soal Bahasa Indonesia SD Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Malin Kundang

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang janda miskin bernama Mande Rubayah dan anak lelaki satu-satunya, Malin Kundang. Untuk menghidupi keluarganya, Mande Rubayah bekerja membantu para nelayan memindahkan ikan-ikan hasil tangkapan ke daratan. Ketika Malin beranjak dewasa, ia berangkat merantau ke negeri seberang. Ia berjanji akan kembali ke desanya jika sudah menjadi saudagar kaya yang dapat membahagiakan ibunya.

Di negeri seberang, Malin berhasil mengembangkan usaha dagangnya sehingga menjadi saudagar yang kaya. Ia pun mempersunting anak perempuan tetua setempat yang terpandang. Namun karena malu, ia tidak berani mengaku pada keluarga istrinya mengenai asal-usulnya sebagai anak yatim yang miskin.

Suatu hari Malin dan istrinya berlayar ke desa asal Malin karena urusan dagangnya. Mande Rubayah ternyata masih hidup dan mengenali Malin dari jauh. Ia pun merasa sangat gembira dan berlari menghampiri Malin. Namun Malin bersikeras untuk tidak mengakui Mande Rubayah sebagai ibunya.

Mande Rubayah merasa sangat sedih mendengar kebohongan Malin. Ia pun berdoa pada Tuhan untuk menghukum anaknya. Selesai berdoa, langit pun tiba-tiba mendung dan hujan turun deras sekali. Tiba-tiba ada petir yang menyambar di depan kaki Malin. Seketika itu juga kaki Malin mengeras jadi batu. Alangkah kagetnya Malin dan orang-orang di sekitarnya. Ia segera bersujud meminta maaf pada ibunya. Namun nasi sudah menjadi bubur. Tubuh Malin pelan-pelan berubah mengeras hingga seluruh tubuhnya menjadi patung batu.

Kalimat tidak langsung pada cerita di atas yaitu ...

A

Ketika Malin beranjak dewasa, ia berangkat merantau ke negeri seberang.

B

Tubuh Malin pelan-pelan berubah mengeras hingga seluruh tubuhnya menjadi patung batu.

C

Namun Malin bersikeras untuk tidak mengakui Mande Rubayah sebagai ibunya.

D

Ia pun merasa sangat gembira dan berlari menghampiri Malin.

Pembahasan:

Kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang merupakan hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis seperti apa yang dikatakannya. Kalimat langsung terdiri dari kalimat petikan dan kalimat pengiring. Kalimat petikan ditandai dengan tanda petik dan huruf pertamanya adalah huruf kapital. Kalimat petikan dan kalimat pengiring biasanya dipisahkan dengan tanda baca (,) koma.

Sebaliknya, kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan atau memberitahukan perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita. Ciri-cirinya yaitu tidak menggunakan tanda petik dan biasanya terdapat perubahan kata ganti orang, contohnya "aku" menjadi "dia".

Kalimat tidak langsung pada pilihan jawaban yang ada yaitu:

Namun Malin bersikeras untuk tidak mengakui Mande Rubayah sebagai ibunya.

Dapat terlihat kalau ciri-ciri kalimat tidak langsung terdapat pada kalimat di atas, yaitu pelaporan perkataan orang lain tapi tidak dengan menggunakan tanda petik, dan penggunaan kata ganti orang "ia".

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal