Paus Orca

Paus pembunuh atau lebih dikenal dengan sebutan paus orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Paus ini masih tergolong sebagai lumba-lumba, tetapi karena ukurannya yang sangat besar, orang-orang menyebutnya sebagai paus. Spesies ini bisa ditemukan di seluruh samudra, dari kawasan dingin hingga kawasan yang bersuhu hangat. Paus ini sebagian besar memangsa ikan. Selain ikan, paus ini memakan mamalia laut, seperti singa laut, anjing laut, walrus, hingga paus besar.

Hewan ini memiliki punggung berwarna hitam dengan dada dan bagian samping tubuh berwarna putih. Terdapat belang putih besar di belakang matanya. Anaknya akan lahir dengan warna kulit yang kekuning-kuningan, yang lama-lama akan berubah menjadi putih. Paus orca memiliki tubuh yang berat dan tegap. Sirip punggungnya memiliki ukuran yang cukup besar dengan tinggi yang mencapai 1,8 meter. Hewan ini dapat memiliki ukuran tubuh mencapai 9,8 meter untuk panjangnya. Maka dari itu, tidak heran bila hewan ini dapat memakan ikan berukuran besar, seperti hiu putih, dengan mudah.

Paus ini dianggap tidak berbahaya terhadap manusia karena tidak pernah ditemukan catatan bahwa ia mencelakakan manusia di lautan. Bahkan, seekor paus orca tercatat pernah menolong sebuah keluarga dari serangan hiu dan mendorong kapal ilmuwan yang tersesat ke dekat daratan. Akan tetapi, keberadaan paus ini terancam punah karena beberapa jenis paus ini diperkirakan kehilangan habitatnya.

(Dikutip dari wikipedia.com, dengan penyesuaian)

Inti bahasan paragraf kedua adalah ....

A

panjang sirip paus orca

B

deskripsi fisik paus orca

C

makanan paus orca

D

warna anak paus orca

Pembahasan:

Pada paragraf kedua, penulis menggambarkan bagian-bagian tubuh paus orca. Bagian-bagian yang dibahas adalah warna tubuh, warna anak paus orca yang baru lahir, bentuk tubuh paus, bentuk sirip punggungnya, hingga panjang paus orca. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa inti bahasan paragraf kedua adalah deskripsi fisik paus orca.

Bahasa Indonesia Kelas 7 Menulis Teks Laporan Simpulan Isi Teks Laporan KD4.7
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.665 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini