Bank Soal Biologi SMA Pencemaran Lingkungan Hidup

Soal

Pilgan

DDT adalah senyawa yang digunakan untuk mengendalikan populasi serangga. Jika pestisida ini digunakan secara berlebihan dan terakumulasi di alam, maka akan menyebabkan ....

A

blooming alga

B

blooming eceng gondok

C

rapuhnya cangkang telur unggas

D

rusaknya tanaman pangan

E

hilangnya populasi serangga

Pembahasan:

DDT atau dikloro difenil trikloroetana adalah insektisida paling ampuh yang digunakan manusia untuk membunuh serangga, ternyata juga berbahaya bagi manusia. DDT bersifat nonpolar sehingga tidak bisa larut dalam air, tetapi sangat larut dalam lemak. Jadi semakin larut suatu senyawa dalam lemak maka akan semakin tinggi sifat nonpolarnya. Hal inilah yang membuat DDT menjadi sangat mudah menembus kulit.

Sifat DDT yang lain adalah sangat stabil dan persisten. DDT tidak bisa larut dan hilang begitu saja jika sudah terlepas ke lingkungan. Sebaliknya, DDT akan bertahan dan dapat masuk ke dalam rantai makanan. Hal ini membuat DDT akan bertahan lama di dalam tanah dan terserap oleh tanaman. Di dalam tubuh makhluk hidup, DDT tidak dapat terurai. Dampaknya DDT akan berpindah dari tanaman ke hewan herbivor, ke hewan karnivor, dan berakhir pada manusia. Semakin tinggi tingkat trofiknya, maka semakin tinggi pula nilai akumulasi DDT. Akumulasi DDT dapat menyebabkan gangguan fisiologi tubuh dan mutasi genetik. Salah satu contohnya adalah berdasarkan penelitian terbaru akumulasi DDT bisa merusak kalsium pada telur unggas.

Jadi jika pestisida DDT digunakan secara berlebihan oleh para petani, maka akan menyebabkan rapuhnya cangkang telur unggas.

Video
10 April 2022
Pencemaran Lingkungan Hidup | Biologi | Kelas X
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal