Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menguraikan Urutan Peristiwa

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Musibah Titanic

RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912. Penyebabnya adalah tabrakan dengan gunung es yang berada di antara Southampton, Inggris dan New York, Amerika Serikat. Musibah ini memakan korban jiwa sebanyak 1.514 penumpang. Banyaknya jumlah korban jiwa dan kerugian yang dialami menjadikan Titanic nama kapal yang paling dikenal sepanjang sejarah.

Tengah malam empat hari setelah meninggalkan pelabuhan Southampton, Titanic menabrak sebuah gunung es. Tabrakan ini terjadi di sisi kanan kapal dan mengoyak lima dari enam belas kompartemen kedap airnya. Selama dua setengah jam berikutnya, kapal perlahan terisi air yang masuk dari lubang tersebut. Sebagian sekoci penyelamat sudah diluncurkan dalam keadaan setengah penuh, ketika diketahui bahwa ternyata sekoci yang tersedia tidak mencukupi untuk semua penumpang dan awak kapal. Karena protokol "wanita dan anak-anak dahulu", kebanyakan pria ditinggalkan di kapal. Tepat sebelum pukul 2.20, Titanic tenggelam bersama semua penumpang yang masih tertinggal.

Musibah ini menjadi pelajaran yang berharga untuk regulasi dan operasi dalam kapal, terutama dalam memastikan kelengkapan sekoci dan alat penyelamatan lainnya. Salah satu warisan terpenting dari bencana ini adalah penetapan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Penumpang di Laut, yang masih mengatur keselamatan laut sampai sekarang.

Mengapa jumlah korban jiwa Titanic besar sekali?

A

Karena penumpang yang naik kapal memang jumlahnya banyak.

B

Karena kapal tersebut menabrak gunung es sehingga sisi kanannya bocor.

C

Karena sekoci yang tersedia tidak cukup dan sekoci yang ada tidak digunakan dengan optimal.

D

Karena pria tidak diijinkan untuk naik sekoci sehingga tenggelam semua.

Pembahasan:

Isi teks yang bercerita tentang jumlah korban jiwa Titanic terdapat pada paragraf pertama kalimat ketiga. Karena yang ditanyakan adalah kejadian setelahnya, maka perlu kita cermati teks sesudah kalimat ini.

Perhatikan paragraf kedua kalimat keempat hingga terakhir:

Sebagian sekoci sudah diluncurkan dalam keadaan setengah penuh, ketika diketahui bahwa ternyata sekoci yang tersedia tidak mencukupi untuk semua penumpang dan awak kapal. Karena protokol "wanita dan anak-anak dahulu", kebanyakan pria ditinggalkan di kapal. Tepat sebelum pukul 2.20, Titanic tenggelam bersama semua penumpang yang masih tertinggal.

Dari teks di atas dapat disimpulkan bahwa penumpang yang tidak bisa masuk ke dalam sekoci dan tertinggal di kapal meninggal karena tenggelam bersama kapal. Jadi pilihan yang tepat adalah "karena sekoci yang tersedia tidak cukup dan sekoci yang ada tidak digunakan dengan optimal".

Video
02 Januari 2021
Menguraikan Urutan Peristiwa | Bahasa Indonesia | Kelas V
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal