Bank Soal IPA SD Pernapasan pada Manusia

Soal

Pilihan Ganda

Perhatikan gejala penyakit berikut!

  1. Pernapasan terjadi dengan sangat cepat.
  2. Timbul batuk yang disertai darah atau lendir kuning kehijauan.
  3. Dada terasa nyeri.

Gejala tersebut menunjukkan seseorang menderita penyakit ....

A

TBC

B

pneumonia

C

influenza

D

bronkitis

Pembahasan:

Gejala di atas timbul jika seseorang terkena pneumonia. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru akut. Pneumonia sering terjadi setelah penderita terkena penyakit lainnya, seperti flu, karena kondisi tubuh sedang lemah. Penderita pneumonia sebaiknya dirawat di rumah sakit untuk mencegah komplikasi yang lebih parah.

Ada gejala yang mirip di pneumonia dan penyakit lainnya yang menyerang saluran pernapasan, seperti batuk, baik berlendir maupun tidak. Namun setiap penyakit menimbulkan gejala tersendiri yang membedakannya dari yang lain.

Pada influenza, serangan infeksi terjadi pada hidung, tenggorokan atau trakea (sedangkan pneumonia terjadi pada paru-paru). Saat mengalami influenza, tubuh mengalami demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Tenggorokan terasa sakit, kadang disertai batuk-batuk serta hidung berair.

Pada tuberkulosis (TBC), serangan infeksi biasanya terjadi pada paru-paru. Tubuh menjadi sangat mudah letih, bahkan saat tidak bekerja. Berat badan terus turun. Penderita mengalami batuk-batuk berdahak disertai darah serta nyeri di dada.

Pada bronkitis, serangan infeksi terjadi pada saluran bronkial. Penderita mengalami sesak napas, sakit tenggorokan, sakit atau rasa tidak nyaman di dada. Ia juga mengalami kelelahan atau demam ringan. Batuknya disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau.

Video
18 Maret 2020
Organ Pernapasan (Pernapasan pada Manusia)
Rangkuman
 
17 Agustus 2020
Pernapasan pada Manusia | IPA | Kelas 5 | Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan | Subtema 2 Pentingn...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal