Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menulis Teks Laporan

Soal

Pilgan

Bacalah laporan berikut!

Siswa kelas V SD Bukit Baru melakukan penelitian tentang fasilitas kolam renang Wanatirta pada tanggal 7 April 2019. Kolam renang Wanatirta memiliki wahana gelas tumpah yang sangat besar. Selain gelas tumpah, ada juga seluncur yang cukup panjang dan berliku-liku. Terlihat pengunjung berbaris untuk bergantian menggunakan gelas tumpah dan seluncur. Banyak dari pengunjung datang secara berkelompok, yaitu kelompok keluarga dengan anak-anak kecil dan kelompok anak-anak muda. Selain tersedianya bak sampah setiap 10 meter, petugas kebersihan juga terlihat bekerja membersihkan sampah pada jam berikut: 10:00, 14:00 dan terakhir 18:00 ketika para pengunjung sudah pulang. [...]

Simpulan yang tepat untuk melengkapi teks laporan hasil pengamatan di atas agar menjadi laporan yang padu adalah ...

A

Kolam renang selalu ramai dikunjungi karena fasilitasnya menarik dan kebersihannya terjaga.

B

Kolam renang jarang dikunjungi karena fasilitasnya sedikit dan banyak sampah yang menumpuk.

C

Kolam renang terlalu ramai pengunjung sehingga sebaiknya jangan datang di hari libur.

D

Karena pengunjung yang banyak, sulit mencari parkiran mobil di sekitar lokasi kolam renang.

Pembahasan:

Berdasarkan teks laporan hasil pengamatan di atas dapat disimpulkan bahwa wahana gelas tumpah serta seluncur adalah fasilitas yang menarik. Ini terbukti dari pernyataan kalau pengunjung berbaris untuk bergantian menggunakan gelas tumpah dan seluncur (kalimat keempat).

Pernyataan mengenai pengunjung berbaris (kalimat keempat) dan banyak dari pengunjung datang secara berkelompok (kalimat kelima) dapat diartikan sebagai kolam renang selalu ramai dikunjungi.

Pernyataan mengenai banyaknya bak sampah dan petugas kebersihan (kalimat terakhir) dapat diartikan sebagai fasilitas kolam renang selalu dalam kondisi bersih.

Berdasarkan ulasan di atas, dapat disimpulkan kalau pilihan jawaban yang tepat adalah "Kolam renang selalu ramai dikunjungi karena fasilitasnya menarik dan kolam yang bersih."

Dapat kita tulis ulang teks laporan hasil pengamatan secara keseluruhan untuk memastikan bahwa teks laporannya padu.

Siswa kelas V SD Bukit Baru melakukan penelitian tentang fasilitas kolam renang Wanatirta pada tanggal 7 April 2019. Kolam renang Wanatirta memiliki wahana gelas tumpah yang sangat besar. Selain gelas tumpah, ada juga seluncur yang cukup panjang dan berliku-liku. Terlihat pengunjung berbaris untuk bergantian menggunakan gelas tumpah dan seluncur. Banyak dari pengunjung datang secara berkelompok, yaitu kelompok keluarga dengan anak-anak kecil dan kelompok anak-anak muda. Selain tersedianya bak sampah setiap 10 meter, petugas kebersihan juga terlihat bekerja membersihkan sampah pada jam berikut: 10:00, 14:00 dan terakhir 18:00 ketika para pengunjung sudah pulang. Kolam renang selalu ramai dikunjungi karena fasilitasnya menarik dan kebersihannya terjaga.
K13 Kelas VI Bahasa Indonesia Menulis Teks Laporan Hasil Pengamatan Menulis Teks Laporan Skor 2
LOTS
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal