Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menulis Teks Eksplanasi

Soal

Pilgan

Bacalah teks berikut!

[...]

Gejala atau peristiwa alam yang sering terjadi antara lain gunung meletus, banjir, gempa bumi, badai atau angin topan, tsunami, kekeringan, dan tanah longsor. Gunung meletus, gempa bumi, dan angin topan murni disebabkan oleh alam. Namun, ada gejala alam yang juga disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti banjir dan tanah longsor.

Pernyataan umum yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ...

A

Gunung meletus terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang di dorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

B

Gejala alam atau peristiwa alam adalah suatu keadaan atau peristiwa yang ditimbulkan oleh alam. Semua jenis aktivitas alam disebut juga peristiwa alam.

C

Gempa bumi adalah berguncangnya bumi yang terjadi karena pergeseran lempeng bumi, runtuhan batuan, atau letusan gunung berapi.

D

Oleh karena itu, kita harus mengatasi bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia dengan memulai dari diri sendiri untuk tidak melakukan aktivitas yang merusak lingkungan seperti buang sampah sembarangan dan penebangan hutan liar.

Pembahasan:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang suatu hal berupa fakta. Isi teks biasanya disampaikan secara detail.

Adapun struktur teks eksplanasi terdiri dari

  1. Pernyataan umum, berisi hal-hal yang bersifat umum. Pernyataan umum biasanya merupakan informasi yang telah banyak diketahui orang.
  2. Deretan penjelas, berisi informasi tambahan atau pendukung pernyataan umum.
  3. Kesimpulan, berisi hasil akhir dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Namun, kesimpulan dalam teks eksplanasi bersifat pilihan atau bukan keharusan. Penulis dapat memberikan intisari atau tanggapan atas pernyataan yang ada di dalam teks.


Teks deretan penjelas seperti yang ditampilkan pada soal menjelaskan tentang contoh gejala/peristiwa alam beserta penyebabnya. Untuk itu, pada bagian pernyataan umum juga harus membahas tentang gejala atau peristiwa alam secara umum. Jawaban yang tepat untuk soal tersebut yaitu

Gejala alam atau peristiwa alam adalah suatu keadaan atau peristiwa yang ditimbulkan oleh alam. Semua jenis aktivitas alam disebut juga peristiwa alam.

K13 Kelas V Bahasa Indonesia Membaca Teks Eksplanasi Menulis Teks Eksplanasi Skor 3
AKM Level 3 Literasi Teks Informasi Saintifik Menafsirkan & Mengintegrasikan
inferensi, koneksi, dan prediksi teks
Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal