Bank Soal Kimia SMA Rumus Kimia

Soal

Pilgan

Rumus kimia yang dapat terbentuk dari ion Cu2+, Na+, AsO43- dan AsO33- adalah ....

A

CuAsO3

B

CuAsO4

C

Na3AsO3

D

Na(AsO3)2

E

Cu3AsO4

Pembahasan:

Rumus kimia yang dapat terbentuk yaitu rumus kimia yang jika diionkan menghasilkan jumlah muatan positif dan negatif yang sama.

Berikut penjelasannya:

  • Pilihan jawaban: CuAsO3 

CuAsO3 \longrightarrow Cu2+ + AsO33-

Ion Cu2+ memiliki muatan +2 sedangkan ion AsO33- memiliki muatan -3. Jumlah muatan antara kation dan anion berbeda, sehingga senyawa tersebut tidak dapat terbentuk.

Agar dapat membentuk sebuah senyawa, maka ion Cu2+ dikalikan dengan koefisien 3, sehingga jumlah muatan menjadi +6. Ion AsO33- dikalikan dengan koefisien 2 sehingga jumlah muatan menjadi -6. Senyawa yang terbentuk adalah Cu3(AsO3)2 dengan nama tembaga(II) arsenit.


  • Pilihan jawaban: CuAsO4

Ion Cu2+ memiliki muatan +2 sedangkan ion AsO43- memiliki muatan -3. Jumlah muatan antara kation dan anion berbeda sehingga senyawa tersebut tidak dapat terbentuk.

Agar dapat membentuk sebuah senyawa, maka ion Cu2+ dikalikan dengan koefisien 3, sehingga jumlah muatan menjadi +6. Ion AsO43- dikalikan dengan koefisien 2 agar jumlah muatan menjadi -6. Senyawa yang terbentuk adalah Cu3(AsO4)2 dengan nama tembaga(II) arsenat.


  • Pilihan jawaban: Na3AsO3

Na3AsO3 \longrightarrow 3Na+ + AsO33-

Jumlah muatan ion Na+ adalah +3 [hasil dari 3 ×\times (+1)], sedangkan ion AsO33- memiliki muatan -3, sehingga senyawa tersebut dapat terbentuk.


  • Pilihan jawaban: Na(AsO3)2

Na(AsO3)2 \longrightarrow Na+ + 2AsO33-

Ion Na+ memiliki jumlah muatan +1 sedangkan ion AsO33- memiliki muatan -6 [hasil dari 2 ×\times (-3)]. Jumlah muatan antara kation dan anion berbeda sehingga senyawa tersebut tidak dapat terbentuk.

Agar dapat membentuk sebuah senyawa, maka ion Na+ harus dikalikan dengan koefisien 3, sehingga jumlah muatan menjadi +3. Ion AsO33- dikalikan dengan koefisien 1 agar jumlah muatan menjadi -3. Senyawa yang terbentuk adalah Na3AsO3 dengan nama natrium arsenit.


  • Pilihan jawaban: Cu3AsO4

Cu3AsO4 \longrightarrow 3Cu2+ + AsO43-

Ion Cu2+ memiliki jumlah muatan +6 [hasil dari 3 x (+2)] sedangkan ion AsO43- memiliki muatan -3. Jumlah muatan antara kation dan anion berbeda sehingga senyawa tersebut tidak dapat terbentuk.

Agar dapat membentuk sebuah senyawa, ion AsO43- dikalikan dengan koefisien 2 sehingga jumlah muatan menjadi -6. Senyawa yang terbentuk adalah Cu3(AsO4)2 dengan nama tembaga(II) arsenat.


Jadi, rumus kimia yang dapat terbentuk dari ion-ion tersebut adalah Na3AsO3.

K13 Kelas X Kimia Rumus Kimia,Tata Nama, dan Persamaan Reaksi Rumus Kimia Skor 2
KurMer Kelas X Kimia Reaksi kimia dan hukum dasar kimia Skor 2
Memahami LOTS
Video
27 Maret 2022
Rumus Kimia | Kimia | Kelas X
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal