Perhatikan teks eksplanasi berikut!

Tanah Longsor

Longsor atau gerakan tanah termasuk salah satu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan massa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Jumlah kejadian tanah longsor semakin meningkat saat memasuki musim penghujan, terutama di daerah perbukitan terjal. Berdasarkan statistik Data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dalam kurun waktu tahun 2005 – 2011 tercatat kasus tanah longsor di 809 lokasi yang tersebar di wilayah Indonesia dan mengakibatkan korban jiwa mencapai 2.484 orang.

Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Contoh penyebab longsor, antara lain erosi tanah, curah hujan tinggi, gempa bumi, penataan lahan pertanian di lereng yang buruk, getaran dari alat-alat berat, hingga beban dari sebuah bangunan di perbukitan.

Ada beberapa dampak dari terjadinya tanah longsor. Dampak negatifnya antara lain terputusnya jalur transportasi, korban jiwa, manusia yang kehilangan tempat tinggalnya, dan perekonomian yang tersendat. Selain dampak negatif, ada beberapa dampak positif dari bencana tanah longsor, yaitu tanah longsor menumbuhkan motivasi kepada masyarakat untuk waspada terhadap bencana longsor susulan ataupun bencana yang lain. Lebih lanjut, tanah longsor akan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peran manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup terutama hutan.

(Sumber: wikipedia.org, merdeka.com, dengan penyesuaian)

Berikut adalah faktor-faktor penyebab terjadinya tanah longsor. Manakah yang menjadi faktor pendorong dan pemicunya?

A

Faktor pendorong: 1, 2, dan 3.

Faktor pemicu: 4, 5, dan 6.

B

Faktor pendorong: 4, 5, dan 6.

Faktor pemicu: 1, 2, dan 3.

C

Faktor pendorong: 1, 2, dan 4.

Faktor pemicu: 5, 6, dan 3.

D

Faktor pendorong: 5, 6, dan 3.

Faktor pemicu: 1, 2, dan 4.

Pembahasan:

Untuk mengelompokkan penyebab-penyebab terjadinya tanah longsor berdasarkan faktornya, kita terlebih dahulu harus mengerti faktor-faktor yang menyebabkan tanah longsor tersebut.

Dari bacaan, diketahui kalau tanah longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu:

  1. Faktor pendorong adalah faktor yang memengaruhi kondisi material di tempat yang terjadi longsor.
  2. Faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan material-material tadi bergerak sehingga terjadi longsor.

Kita cermati masing-masing faktor dalam tabel.

1. Erosi tanah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), erosi berarti hal menjadi aus (berlubang) karena geseran air (tentang batu). Erosi tanah artinya lapisan tanah yang berkurang karena hujan atau penyebab lainnya. Erosi tanah dapat dianggap sebagai faktor yang memengaruhi kondisi material, yaitu tanah itu sendiri. Oleh karena itu, erosi tanah termasuk faktor pendorong.

2. Curah hujan tinggi

Curah hujan dapat mengubah kondisi tanah dan kandungan air di dalamnya. Jadi faktor ini dapat dianggap memengaruhi kondisi material, yaitu tanah. Oleh karena itu, curah hujan yang tinggi termasuk faktor pendorong.

3. Penataan lahan pertanian di lereng yang buruk

Penataan lahan pertanian juga memengaruhi kondisi tanah di mana lahan berada. Jadi faktor ini dapat dianggap memengaruhi kondisi material, yaitu tanah. Oleh karena itu, penataan lahan pertanian termasuk faktor pendorong.

4. Gempa bumi

Gempa bumi dapat menyebabkan tanah-tanah yang berada di lereng, perbukitan, atau gunung ikut bergerak. Oleh karena itu, gempa bumi termasuk faktor pemicu.

5. Getaran dari alat-alat berat

Sifat getaran dari alat-alat berat mirip dengan gempa bumi, yaitu dapat memicu gerakan tanah sehingga longsor. Oleh karena itu, getaran dari alat-alat berat termasuk faktor pemicu.

6. Beban dari sebuah bangunan di perbukitan

Beban dari bangunan dapat menyebabkan tanah di bawah bangunan ini bergerak dan mendorong lapisan tanah lainnya sehingga terjadi longsor. Oleh karena itu, beban dari sebuah bangunan termasuk faktor pemicu.

Maka dari itu, pilihan jawaban yang benar adalah

Faktor pendorong: 1, 2, dan 3.

Faktor pemicu: 4, 5, dan 6.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Informasi Penting dalam Teks
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.577 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini