Bank Soal Bahasa Inggris SMA News Item

Soal

Pilgan

Read the following short text and choose the correct answer.

Indonesia Steps Up Safety Measures in Readiness for Post-Pandemic Tourism Business

As the national tour has been idle for months amid global coronavirus lockdown, the Indonesian government has taken its time to improve safety standards in resort areas to maintain the maximum state of preparedness for when global travel resumes.

Knowing that safety and health issues will become the biggest concern among global tourists in the post-pandemic era, Tourism, and Creative Economy Minister Wishnutama Kusubandio led an event of Thursday to coordinate efforts among state agencies and other related institutions to get prepared for the new challenges.

Taking place in the newly-developed Labuan Bajo beach resort in East Nusa Tenggara, the event rehearsed anticipated emergency scenarios, including rescue operations in the case of an earthquake and tsunami.

The emergency drill involved members of the Indonesian Military, the National Police, the National Search and Rescue Agency, the National Disaster Mitigation Agency, and the Meteorology, Climatology, and Geophysics Agency.

The coronavirus pandemic will drastically change the way of running the tourism business because health issues and safety will take precedence, Wishnutama said.

The drill also trained non-medical personnel to practice emergency handling of tourists suffering heart attacks.

Helicopters and ships were deployed to conduct an emergency evacuation drill for serious marine accidents.

Improved safety standards and proper implementation of the health protocol will help Indonesia regain confidence among international tourists, he added.

“We need to adopt a new strategy for the tourism industry so that we can do better after the pandemic is over,” the minister said.

Source: jakartaglobe.id

How did the Indonesian government get confidence for post-pandemic tourism business among international tourists?

A

By developing the facility of the resort areas.

B

By improving the safety standards and proper implementation of the health protocol.

C

By offering many discounts for the visitors.

D

By providing the best services for the visitors and building some new resort areas along the beach.

E

By inviting more people to promote the resort areas.

Pembahasan:

Berikut ini merupakan terjemahan dari soal dan teks di atas.

Indonesia Tingkatkan Tindakan Keamanan dalam Kesiapan Bisnis Pariwisata Pasca Pandemi

Bacalah teks berikut ini dan pilihlah jawaban yang benar!

Karena pariwisata nasional telah tidak berjalan selama berbulan-bulan di tengah lock virus corona global, pemerintah Indonesia telah meluangkan waktu untuk meningkatkan standar keselamatan di area resor untuk menjaga kesiapsiagaan maksimum ketika perjalanan global dilanjutkan.

Mengetahui bahwa masalah keselamatan dan kesehatan akan menjadi perhatian terbesar di kalangan wisatawan global di era pasca pandemi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio memimpin acara pada hari Kamis untuk mengoordinasikan upaya antar lembaga negara dan lembaga terkait lainnya untuk bersiap menghadapi tantangan baru.

Bertempat di resor pantai Labuan Bajo yang baru dikembangkan di Nusa Tenggara Timur, acara tersebut melatih skenario antisipasi darurat, termasuk operasi penyelamatan jika terjadi gempa dan tsunami.

Latihan darurat tersebut melibatkan anggota TNI, Polri, Badan SAR, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Pandemi virus corona akan mengubah secara drastis cara menjalankan bisnis pariwisata karena masalah kesehatan dan keselamatan akan menjadi prioritas, kata Wishnutama.

Latihan tersebut juga melatih personel non-medis untuk mempraktikkan penanganan darurat bagi wisatawan yang menderita serangan jantung.

Helikopter dan kapal dikerahkan untuk melakukan latihan evakuasi darurat untuk kecelakaan laut yang serius.

Standar keselamatan yang lebih baik dan penerapan protokol kesehatan yang tepat akan membantu Indonesia mendapatkan kembali kepercayaan di kalangan wisatawan internasional, tambahnya.

“Kita perlu mengadopsi strategi baru untuk industri pariwisata agar kita bisa lebih baik setelah pandemi selesai,” kata sang menteri.

Sumber: jakartaglobe.id

Bagaimana pemerintah Indonesia mendapatkan kepercayaan terhadap bisnis pariwisata pasca pandemi di kalangan wisatawan internasional?

Di bawah ini merupakan terjemahan dari setiap pilihan jawaban.

  • By developing the facility of the resort areas. — Dengan mengembangkan fasilitas kawasan resor.
  • By improving the safety standards and proper implementation of the health protocol. — Dengan meningkatkan standar keselamatan dan penerapan protokol kesehatan yang tepat.
  • By offering many discounts for the visitors. — Dengan menawarkan banyak diskon bagi para pengunjung.
  • By providing the best services for the visitors and building some new resort areas along the beach. — Dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pengunjung dan membangun beberapa kawasan resor baru di sepanjang pantai.
  • By inviting more people to promote the resort areas. — Dengan mengajak lebih banyak orang untuk mempromosikan kawasan resor.

Soal di atas menanyakan upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendapatkan kepercayaan terhadap bisnis pariwisata pasca pandemi di kalangan wisatawan internasional. Untuk dapat mengetahui jawabannya, kita dapat melihat pada paragraf kedelapan berikut ini.

  • Improved safety standards and proper implementation of the health protocol will help Indonesia regain confidence among international tourists, he added.

Dari paragraf tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk memperoleh kepercayaan di antara wisatawan Internasional, pemerintah berupaya meningkatkan standar keselamatan dan penerapan protokol kesehatan yang tepat.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah "By improving the safety standards and proper implementation of the health protocol".

K13 Kelas XII Bahasa Inggris Bahasa Inggris News Item News Item Skor 2
KurMer Kelas XII Bahasa Inggris Teks report Skor 2
Memahami LOTS
Video
24 Juli 2020
Expression of existence | Bahasa Inggris | Kelas VIII
Rangkuman
14 Oktober 2020
Bab 2 | Singular & Plural Nouns | Bahasa Inggris | Kelas 7

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal