Bank Soal Biologi SMA Organ dan Sistem Reproduksi Perempuan

Soal

Pilgan

Perhatikan gambar berikut ini!

Pada saat Follicle Stimulating Hormone (FSH) disekresikan, maka berturut-turut proses yang terjadi dan hasil yang pertama kali terbentuk ditandai oleh ....

A

A dan 1

B

B dan 2

C

C dan 3

D

B dan 5

E

C dan 7

Pembahasan:

Proses pembentukan sel telur (ovum) pada perempuan disebut dengan oogenesis, yang berlangsung sejak pembentukan janin. Proses ini terbagi menjadi 3 fase berikut.

A. Fase penggandaan. Ketika masa perkembangan janin, beberapa (1) sel primordial yang ada di dalam sel telur akan membelah secara mitosis menghasilkan oogonia atau sel induk telur (oogonium).

B. Fase tumbuh. Sel induk telur akan berkembang menjadi sel telur yang lebih besar atau disebut (2) oosit primer. Kemudian mengalami masa istirahat sebelum pematangan.

C. Fase pematangan. Saat wanita mengalami pubertas, hipofisis akan menghasilkan FSH dan oosit primer yang mengalami fase atau masa istirahat setelah meiosis I akan melanjutkan proses meiosis tersebut. Pembelahan meiosis ini menghasilkan dua sel yang ukurannya tidak sama. Sel yang berukuran besar disebut (3) oosit sekunder dan yang berukuran kecil disebut (5) badan polar pertama.

Oosit sekunder dikelilingi oleh folikel. Folikel ini akan membelah berkali-kali dan membentuk folikel de Graff yang memiliki rongga. Sel folikel ini akan memproduksi hormon estrogen yang merangsang hipofisis untuk mensekresikan Luteinizing Hormone (LH). Hormon ini berfungsi untuk memacu terjadinya ovulasi. Saat menjelang ovulasi, meiosis I selesai dan oosit sekunder dan badan polar melanjutkan pembelahan dengan melakukan (6) meiosis II. Proses ini akan berhenti pada metafase II.

Setelahnya, oosit sekunder akan dilepas dari ovarium dan dibawa ke oviduk. Bila dibuahi, oosit sekunder akan membelah secara meiosis melanjutkan tahapan meiosis II dan menghasilkan (7) 1 ootid dan (8) 1 badan polar kedua. Badan polar pertama akan menghasilkan dua badan polar kedua. Ootid akan berdiferensiasi membentuk ovum dan tiga badan polar akan menempel pada ovum dan mengalami degenerasi.

Proses tersebut dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C dan 3.

K13 Kelas XI Biologi Biologi Sistem Reproduksi Manusia Organ dan Sistem Reproduksi Perempuan Skor 2
Memahami LOTS
Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal