Bank Soal Bahasa Inggris SMP Narrative Text

Soal

Pilgan

Read the following text and answer the question.

The Fox And The Crow Story For Kids In English With Moral

A fox was walking through the forest when he saw a crow sitting on a tree branch with a fine piece of cheese in her beak. The fox wanted the cheese and decided he would be clever enough to outwit the bird.

"Good day to you, Mrs Crow! How well you look today. I have never seen such a silky set of feathers! And what a beautiful colour, so luscious and dark. If all the other animals in the wood hadn't said that you have a terrible voice I would have called you the most beautiful and graceful of all the birds in the wood. But it can't be true what they say, I'm sure that your voice must be just as good as your looks! Oh, if only I could hear it …”

The crow, flattered to hear such kind words, couldn't resist the desire to show off his voice. She opened her beak and gave a cry to show the fox her voice.

"Caw! Caw!" she cried as the cheese dropped to the ground for the fox to grab.

Sources: pinterest.com, storyit.com

What does the writer intend by writing the text?

A

To make the story popular.

B

To make the readers entertained.

C

To show a clever fox against a crow.

D

To describe the way the fox got the cheese.

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan pertanyaan di atas adalah:

Baca teks berikut dan jawab pertanyaannya!

Seekor rubah sedang berjalan melalui hutan ketika dia melihat seekor gagak duduk di dahan pohon dengan sepotong keju halus di paruhnya. Rubah itu menginginkan keju dan memutuskan ia akan cukup pintar untuk mengecoh burung itu.

"Hari baik untukmu, Nyonya Crow! Betapa bagusnya penampilanmu hari ini. Aku belum pernah melihat bulu sehalus itu! Dan warnanya sangat indah, begitu indah dan hitam. Jika semua binatang lain di hutan tidak mengatakan bahwa engkau memiliki suara yang mengerikan, aku akan menyebutmu burung yang paling cantik dan anggun di hutan ini. Tetapi tidak mungkin benar apa yang mereka katakan, aku yakin suaramu pasti sebagus penampilanmu! Oh, kalau saja aku bisa mendengarnya ... "

Burung gagak begitu tersanjung oleh semua pembicaraan ini sehingga ia membuka paruhnya dan berteriak untuk menunjukkan kepada rubah suaranya.

"Caw! Caw!" serunya ketika keju jatuh ke tanah untuk diambil rubah.

Apa tujuan penulis dalam menulis teks?

Terjemahan dari pilihan jawaban di atas adalah:

  • To make the story popular — Untuk membuat cerita itu populer
  • To make the readers entertained — Untuk membuat pembaca terhibur
  • To show a clever fox against a crow — Untuk menunjukkan seekor rubah pandai melawan seekor gagak
  • To describe the way the fox got the cheese — Untuk mendeskripsikan bagaimana seekor rubah mendapatkan keju

Soal di atas menanyakan tentang apa tujuan dari ditulisnya teks di atas. Teks di atas merupakan teks naratif (narrative text), yaitu jenis teks yang berupa cerita khayalan, kisah nyata yang direkayasa, legenda, atau dongeng. Narrative text berfungsi untuk menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung yang tujuannya adalah untuk menghibur pembacanya dengan menyelipkan pesan moral pada setiap ceritanya. 

Cerita di atas merupakan cerita tentang seorang rubah yang pandai untuk mengelabui gagak. Gagak tersipu karena pujian dari rubah yang sebenarnya hanya sebuah tipuan karena dia ingin mendapatkan makanan yang ada di paruh gagak.

Melihat penjelasan tentang tujuan sebuah naratif teks di atas, maka tujuan dari penulisan cerita di atas adalah "To make the readers entertained".

Video
17 Maret 2023
Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas IX
Rangkuman
08 April 2021
Bab 3 | Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas 11

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal