Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Berikut ini yang merupakan kutipan bagian resume/evaluasi adalah ...

A

Kehadiran video game mendapatkan apresiasi yang sangat baik di kalangan remaja, hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan tidak dimainkan secara berulang-ulang.

B

Munculnya video game sebagai perkembangan teknologi perlu disikapi dengan berbagai sudut pandang baik positif maupun negatif.

C

Penelitian membuktikan bahwa gamer yang bermain 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara kemampuan atlet.

D

Video game dapat menimbulkan efek ketagihan, membuat orang terisolir dengan kehidupan sekitarnya, dan membuat orang menjadi malas.

Pembahasan:

Struktur teks tanggapan kritis meliputi:

  • Resume/evaluasi, merupakan bagian pertama dalam teks tanggapan krtis. Bagian evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks,
  • Kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks, merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi. Bagian ini memaparkan informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan,
  • Penilaian keseluruhan/penegasan ulang, merupakan bagian ketiga atau bagian akhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah diputuskan.

Mari kita analisis jawaban satu per satu

*Munculnya video game sebagai perkembangan teknologi perlu disikapi dengan berbagai sudut pandang baik positif maupun negatif → merupakan bagian kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks.

*Penelitian membuktikan bahwa gamer yang bermain 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara kemampuan atlet → merupakan bagian kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks.

*Video game dapat menimbulkan efek ketagihan, membuat orang terisolir dengan kehidupan sekitarnya, dan membuat orang menjadi malas → merupakan bagian kelebihan dan kekurangan/deskripsi teks.

*Kehadiran video game mendapatkan apresiasi yang sangat baik di kalangan remaja, hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan tidak dimainkan secara berulang-ulang → merupakan bagian resume/evaluasi. Karena kalimat tersebut berisi pernyataan umum tentang video game yang akan dibahas lebih lanjut dampak positif dan negatifnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah

Kehadiran video game mendapatkan apresiasi yang sangat baik di kalangan remaja, hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan tidak dimainkan secara berulang-ulang.

Video
27 Mei 2022
Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan | Bahasa Indonesia | Kelas IX
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal