Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Menulis Teks Tanggapan

Soal

Pilgan

Bacalah teks tersebut dengan cermat!

Wacana ujian nasional online sudah beredar sejak tahun 2014, tetapi kepastiannya masih belum jelas. Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan menuntut kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Disampaikan bahwa proses ujian nasional online akan diselenggarakan di laboratorium sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Sisi positif dari ujian online, yaitu nilai ujian dapat diketahui dengan cepat dan siswa tidak bisa menyontek. Sedangkan sisi negatifnya adalah jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus sewaktu-waktu.

(Sumber: yuksinau.id, dengan penyesuaian)

Kesimpulan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ...

A

Ujian online masih menjadi wacana hingga sekarang karena kepastiannya masih belum jelas.

B

Dampak positif ujian online adalah nilai siswa dapat diketahui dengan cepat dan siswa tidak bisa menyontek, sedangkan dampak negatifnya adalah jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus.

C

Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian, selain itu ujian nasional online juga mempunya dampak positif seperti siswa tidak bisa menyontek dan negatif seperti koneksi internet bisa saja terputus.

D

Proses ujian nasional online akan diselenggarakan di laboratorium sekolah.

Pembahasan:

Kesimpulan teks adalah kesimpulan keseluruhan isi teks, artinya mencakup paragraf 1 dan paragraf 2.

*Ujian online masih menjadi wacana hingga sekarang karena kepastiannya masih belum jelas → bukan kesimpulan teks karena informasi tidak mencakup keseluruhan isi teks, hanya keterangan dalam paragraf 1.

*Dampak positif ujian online adalah nilai siswa dapat diketahui dengan cepat dan siswa tidak bisa menyontek sedangkan dampak negatifnya adalah jaringan listrik dan koneksi internet bisa saja terputus → bukan kesimpulan karena hanya informasi dampak positif dan negatif yang terdapat pada paragraf 2.

*Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian, selain itu ujian nasional online juga mempunya dampak positif seperti siswa tidak bisa menyontek dan negatif seperti koneksi internet bisa saja terputus → kesimpulan teks, karena mencakup kesimpulan paragraf 1 dan 2.

*Proses ujian nasional online akan diselenggarakan di laboratorium sekolah → bukan kesimpulan karena hanya mencakup informasi yang terdapat pada paragraf 2.

Jadi, kesimpulan teks yang tepat adalah

Pelaksanaan ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian, selain itu ujian nasional online juga mempunya dampak positif seperti siswa tidak bisa menyontek dan negatif seperti koneksi internet bisa saja terputus.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal