Kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan seseorang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya sebagai seorang manusia. Kebutuhan dasar tersebut ialah makanan, pakaian, tempat tinggal, kesehatan yang layak, dan pendidikan.

Kemiskinan dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah laju pertumbuhan penduduk yang makin tinggi. Pertumbuhan penduduk yang tidak disertai dengan pertumbuhan ekonomi bisa membuat angka kemiskinan meningkat. Tingkat pendidikan yang rendah juga dapat menjadi penyebab terjadinya kemiskinan. Wawasan, keterampilan, dan pengetahuan yang terbatas membuat individu sulit bersaing dalam mendapatkan pekerjaan. Mereka akhirnya tidak memiliki pemasukan untuk menunjang kehidupannya.

Dampak negatif dari kemiskinan ini beragam, mulai dari jumlah pengangguran yang makin banyak hingga munculnya konflik dalam masyarakat. Masyarakat miskin yang sulit mengakses pendidikan bisa membuat mereka tidak begitu diperhitungkan untuk bekerja. Hal inilah yang membuat angka pengangguran meningkat. Konflik pun akhirnya bisa bermunculan di masyarakat karena masyarakat miskin melampiaskan ketidakpuasannya dengan tindakan anarki.

Kemiskinan bukanlah suatu kondisi yang dapat dihilangkan dengan mudah. Namun, berbagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan bisa dilakukan. Pemberian jaminan kesehatan, bantuan rumah swadaya, pemberian beasiswa untuk siswa miskin, hingga bantuan untuk usaha pun terus dilakukan oleh pemerintah. Selain dari pemerintah, kerja sama dari masyarakat juga tentu diperlukan untuk mengatasi kemiskinan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Paragraf ketiga membahas ....

A

penyebab terjadinya kemiskinan

B

hal-hal yang dilakukan untuk mengatasi kemiskinan

C

dampak kemiskinan yang bisa dihindari

D

dampak yang ditimbulkan oleh kemiskinan

Pembahasan:

Untuk mengetahui isi paragraf ketiga, kita dapat mencermati kalimat pertama.

Dampak negatif dari kemiskinan ini beragam, mulai dari jumlah pengangguran yang makin banyak hingga munculnya konflik dalam masyarakat. 

Inti kalimat tersebut adalah membahas dampak kemiskinan. Jadi, paragraf ketiga membahas dampak yang ditimbulkan oleh kemiskinan.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Teks Eksplanasi Informasi Penting dalam Teks KD3.3
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.920 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini