Bank Soal Bahasa Indonesia SD Cerita Rakyat

Soal

Pilgan

Asal-Usul Danau Toba

Alkisah, di bumi Sumatra Utara hiduplah seorang pemuda bernama Toba. Sehari-hari ia bekerja di ladang. Sesekali ia juga mencari ikan di sungai yang tak jauh dari rumahnya.

Suatu hari, Toba pergi memancing sepulang dari ladang. Tak lama setelah melempar pancing ke sungai, umpannya disambar ikan. Betapa gembiranya Toba saat menemukan seekor ikan besar yang tersangkut di kailnya. Saat ia melepas mata kail dari mulut ikan, terjadilah keajaiban. Ikan besar bersisik keemasan itu seketika menjelma menjadi seorang wanita yang cantik jelita.

Toba terkejut bukan kepalang. ”Terima kasih, Tuan. Engkau telah membebaskanku dari kutukan Dewa,” ucap sang Wanita Ikan. Tergagap-gagap, Toba memperkenalkan dirinya,"N... namaku Toba, Putri yang cantik." Ternyata Toba sudah jatuh cinta pada pandangan pertama pada Sang Putri. Ia lantas menyampaikan keinginannya untuk memperistri sang Putri. Sang Putri bersedia dengan syarat Toba merahasiakan asal-usulnya sebagai seekor ikan. Toba pun menyetujuinya.

Mereka akhirnya menikah dan dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir. Keduanya sangat bahagia. Samosir pun tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Sayangnya, ia agak nakal dan pemalas.

Suatu ketika, Samosir diminta ibunya untuk mengantarkan bekal makan siang ayahnya ke ladang. Samosir menolak dan memilih tidur. Setelah dipaksa ibunya, akhirnya ia berangkat juga.

Di tengah perjalanan, Samosir merasa lapar. Ia pun melahap makanan sang Ayah hingga tinggal sedikit. Setibanya di ladang, sang Ayah langsung menghampirinya dan membuka bekal makanan. Betapa terkejutnya Toba saat itu. “Kenapa makananku hanya ada sedikit?” “Tadi di jalan aku sangat lapar, Ayah. Jadi jatah makanan Ayah kumakan sebagian,” jawab Samosir tanpa rasa bersalah. “Anak tak tahu diuntung. Dasar keturunan ikan!” ujar Toba dengan berang. Samosir sangat terkejut mendengarnya. Ia langsung lari ke rumah dan mengadu pada ibunya. Ibu Samosir menjadi sangat sedih karena Toba telah melanggar janji.

Sembari terisak, Ibu Samosir meraih tangan anaknya. Dalam sekejap, keduanya menghilang. Sungguh ajaib. Menyemburlah air yang sangat deras di bekas pijakan kaki Samosir dan ibunya. Tanah di sekitarnya tergenang dan terbentuklah sebuah danau yang sangat luas. Penduduk lalu menamainya Danau Toba. Pulau yang muncul di tengah danau pun kemudian dikenal sebagai Pulau Samosir. 

Satu-satunya tokoh yang berbeda adalah ....

A

Ikan Emas

B

Sang Putri

C

Ibu Samosir

D

Wanita Ikan

Pembahasan:

Tokoh yang sama, tapi namanya berubah sepanjang cerita adalah:

  • Wanita Ikan: Ikan yang tertangkap oleh Toba dan menjelma menjadi wanita cantik.
  • Sang Putri: Panggilan Toba untuk wanita cantik jelmaan ikan.
  • Ibu Samosir: Wanita jelmaan ikan yang diperistri Toba dan melahirkan Samosir.

Tokoh yang berbeda adalah Ikan Emas karena tidak disebut dalam cerita.


K13 Kelas IV Bahasa Indonesia Membaca Teks Fiksi-Tokoh Cerita Cerita Rakyat Skor 2
AKM Level 2 Literasi Teks Sastra Personal Menafsirkan & Mengintegrasikan
Memahami Teks
Video
13 Mei 2020
Cerita Rakyat | Bahasa Indonesia | Kelas IV
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal