Bank Soal Bahasa Indonesia SD Menulis Teks Laporan

Soal

Pilgan

Cermati penggalan laporan pengamatan berikut!

(Sumber: wired.com)

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia untuk membentuk zat makanan atau energi berupa glukosa yang dilakukan oleh hampir semua tumbuhan. Proses fotosintesis dilakukan dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta membutuhkan bantuan dari energi cahaya matahari. Fotosintesis dapat menghasilkan oksigen yang berguna bagi kelangsungan hidup makhluk hidup. Berdasarkan pengamatan, terdapat dua bagian utama dari rangkaian reaksi fotosintesis, yaitu reaksi terang atau reaksi yang memerlukan cahaya dan reaksi gelap atau reaksi yang tidak memerlukan cahaya, tetapi memerlukan karbon dioksida.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Ringkasan dari penggalan laporan pengamatan tersebut adalah ...

A

Fotosintesis adalah proses tumbuhan untuk menghasilkan oksigen dengan bantuan zat hara, karbon dioksida, air dan energi cahaya matahari. Proses fotosintesis dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

B

Fotosintesis adalah proses tumbuhan untuk menghasilkan karbon dioksida. Proses fotosintesis dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Proses fotosintesis itu memerlukan oksigen sebagai sumber untuk mengolah reaksi.

C

Fotosintesis adalah sebuah proses tumbuhan mengeluarkan energi berupa glukosa. Fotosintesis ini dilakukan untuk menghasilkan oksigen dan karbon dioksida yang diperlukan oleh kelangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya proses ini, makhluk hidup tidak bisa menghirup oksigen.

D

Reaksi terang dan reaksi gelap adalah dua bagian utama dari rangkaian proses fotosintesis. Reaksi terang adalah reaksi yang memerlukan cahaya, sedangkan reaksi gelap adalah reaksi yang hanya memerlukan karbon dioksida tanpa cahaya untuk melakukan proses fotosintesis.

Pembahasan:

Ringkasan merupakan penyajian kembali sebuah teks dalam bentuk yang lebih ringkas dan padat tanpa menghilangkan pokok-pokok dari teks tersebut. Cara membuat ringkasan adalah dengan mengambil hal-hal pokok atau hal-hal yang penting dari teks tersebut dan menggabungkan inti tersebut menjadi satu paragraf.

Apabila kita cermati teks laporan di soal, terdapat beberapa hal pokok yang kita ketahui:

  1. Fotosintesis adalah proses tumbuhan untuk menghasilkan oksigen dengan bantuan zat hara, karbon dioksida, air dan energi cahaya matahari.
  2. Proses fotosintesis dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

Dari pokok-pokok tersebut, dapat disimpulkan bahwa ringkasan yang tepat adalah

Fotosintesis adalah proses tumbuhan untuk menghasilkan oksigen dengan bantuan zat hara, karbon dioksida, air dan energi cahaya matahari. Proses fotosintesis dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap.

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal