Bank Soal Biologi SMA Tulang dan Sendi

Soal

Pilgan

Nutrisi berikut yang berperan dalam pertumbuhan tulang, kecuali ....

A

lemak jenuh

B

vitamin D

C

vitamin K

D

kalsium

E

fosfat

Pembahasan:

Untuk menunjang pertumbuhan tulang, kita membutuhkan sumber nutrisi agar pembentukan tulang bisa berlangsung secara optimal. Nutrisi ini bisa berasal dari makanan ataupun mekanisme lain yang mendorong terbentuknya nutrisi tersebut secara alami dalam tubuh seperti paparan sinar matahari di pagi hari. Nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ini terdiri atas

  • vitamin D → vitamin D berperan dalam merangsang absorpsi kalsium melalui langkah-langkah kompleks. Vitamin D meningkatkan absorpsi pada mukosa usus dengan cara merangsang produksi protein pengikat kalsium. Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang kekurangan vitamin D selama masa pertumbuhan, cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah ketimbang mereka yang mendapatkan cukup vitamin.
  • vitamin K → vitamin K akan mendukung kesehatan tulang dengan cara memodifikasi osteocalcin, yaitu protein yang terlibat dalam pembentukan tulang. Osteocalcin akan mengikat mineral dalam tulang dan membantu mencegah hilangnya kalsium dari tulang.
  • kalsium → kalsium merupakan komponen utama dari tulang. Tanpa kalsium, tulang akan menjadi rentan dan rapuh karena kalsium dibutuhkan dalam metabolisme tulang. Artinya, kalsium berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tulang selama proses tumbuh kembang atau pemulihan.
  • fosfat → fosfat juga merupakan penyusun utama tulang seperti kalsium. Hampir dari 85% kadar fosfat pada tubuh terdapat pada tulang.

Jadi yang tidak termasuk nutrisi yang berperan dalam pertumbuhan tulang adalah lemak jenuh.

Video
22 September 2020
Klasifikasi Makhluk Hidup | IPA | Kelas VII
Rangkuman

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal