Bank Soal Bahasa Indonesia SD

Soal

Pilgan

Cermati teks berikut!

Musibah Titanic

RMS Titanic adalah sebuah kapal penumpang yang tenggelam di Samudra Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912. Penyebabnya adalah tabrakan dengan gunung es yang berada di antara Southampton, Inggris dan New York, Amerika Serikat. Musibah ini memakan korban jiwa sebanyak 1.514 penumpang. Banyaknya jumlah korban jiwa dan kerugian yang dialami menjadikan Titanic nama kapal yang paling dikenal sepanjang sejarah.

Titanic

sumber: historyextra.com

Tengah malam empat hari setelah meninggalkan pelabuhan Southampton, Titanic menabrak sebuah gunung es. Tabrakan ini terjadi di sisi kanan kapal dan mengoyak lima dari enam belas kompartemen kedap airnya. Selama dua setengah jam berikutnya, kapal perlahan terisi air yang masuk dari lubang tersebut. Sebagian sekoci penyelamat sudah diluncurkan dalam keadaan setengah penuh, ketika diketahui bahwa ternyata sekoci yang tersedia tidak mencukupi untuk semua penumpang dan awak kapal. Karena protokol "wanita dan anak-anak dahulu", kebanyakan pria ditinggalkan di kapal. Tepat sebelum pukul 2.20, Titanic tenggelam bersama semua penumpang yang masih tertinggal.

Musibah ini menjadi pelajaran yang berharga untuk regulasi dan operasi dalam kapal, terutama dalam memastikan kelengkapan sekoci dan alat penyelamatan lainnya. Salah satu warisan terpenting dari bencana ini adalah penetapan Konvensi Internasional untuk Keselamatan Penumpang di Laut, yang masih mengatur keselamatan laut sampai sekarang.

Apa yang akan terjadi jika tidak ada protokol "wanita dan anak-anak dahulu"?

A

Lebih banyak wanita dan anak-anak yang terselamatkan.

B

Lebih banyak penumpang yang selamat.

C

Titanic tidak akan tenggelam.

D

Lebih banyak pria yang terselamatkan.

Pembahasan:

Soal ini meminta kita untuk memprediksi kejadian, yang dapat disimpulkan dengan penggunaan frasa "Apa yang akan terjadi jika ... ?" Prediksi kejadian dapat ditentukan dengan membaca teks secara utuh, kemudian menentukan kejadian yang mungkin terjadi dengan mempertimbangkan hubungan sebab akibat dalam cerita. 

Pada bacaan tersebut, karena ada protokol "wanita dan anak-anak dahulu", kebanyakan pria ditinggal di kapal (paragraf kedua kalimat kelima). Artinya, wanita dan anak-anak dipersilahkan masuk ke sekoci penyelamat. Hanya sedikit pria yang berhasil masuk ke dalam sekoci, dan sisanya tinggal di kapal. Kebanyakan penumpang yang berada di sekoci selamat, karena tidak ikut tenggelam bersama kapal. Sebaliknya, kebanyakan penumpang yang tinggal di kapal tidak selamat karena tenggelam bersama kapal. Dengan kata lain:

  • Kebanyakan wanita dan anak-anak terselamatkan
  • Kebanyakan pria tidak terselamatkan

Jika tidak ada protokol ini, maka sebagian pria akan masuk sekoci dan akibatnya sebagian wanita dan anak-anak tidak masuk sekoci. Dengan kata lain:

  • Lebih banyak wanita dan anak-anak tidak terselamatkan karena tidak masuk sekoci
  • Lebih banyak pria terselamatkan karena masuk sekoci


Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal