Bank Soal Bahasa Inggris SMP Narrative Text

Soal

Pilgan

Read the following text and answer the question.

The Legend of Mango

Legend of the Mango | NEIL BRIAN

In a village in Kalibu, there once lived a man who had a violent temper. He was known as Daeogdog, which means thunder. His wife, on the other hand, was kind and gentle. They had a daughter, Agahon. She was as lovely as the dawn. 

Years passed, and Agahon grew lovelier. Suitors from far and near came to ask her love. Among them was Maeopig, who had an uncontrollable temper, but he was the choice of Daeogdog.

 "Don't make me marry that man," pleaded Agahon. Even her mother, Mabuot, shed tears to soften her husband's heart. "Yes," her father said. "You must marry the man I have chosen for you." Maeopig, the bridegroom-to-be, was wild with joy. 

Preparations for the wedding began. But the girl locked herself inside her room. A big crowd attended the wedding feast, and there was merriment. But the bride was nowhere to be seen. She was not in the house. They scoured the village for her in vain. Later, her lifeless body was found near a spring, a dagger thrust into her heart. Daeogdog tore his hair in despair. 

The next night Agahon appeared to her father in a dream. "I'm the spirit of your daughter," said a voice as sweet as the water of a clear spring. "I have come to give you a remembrance. Go down to the bank of the spring. There you will find a tree growing on the spot where you buried me." Then she disappeared. 

The next morning, the sad parents visited their daughter's grave. They found a huge tree laden with heart-shaped fruits. The fruits were sweet and fragrant like Agahon, the hapless maiden. Since then, the fruit has been known as the mango. 

Source: neilbrian.com, Readings in Philippines Literature by Celedonio G. Aguilar

The story tells us about ....

A

a remembrance from a daughter

B

the wedding of Maeopiog and Agahon

C

a stubborn man and his hapless daughter

D

the growing tree on the grave of the daughter

Pembahasan:

Terjemahan dari teks dan pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

Bacalah teks berikut dan jawablah pertanyaannya!

Asal Mula Mangga

Di sebuah desa di Kalibu, hidup seorang pria dengan sifat yang kasar. Ia dikenal sebagai Daeogdog, yang artinya guntur. Istrinya, di sisi lain, baik dan lembut. Mereka memiliki seorang putri, Agahon. Dia secantik fajar.

Tahun-tahun berlalu, dan Agahon semakin cantik. Para pelamar dari jauh dan dekat datang untuk meminta hatinya. Di antara mereka ada Maeopig, yang memiliki sifat sangat kasar, tapi dia adalah pilihan Daeogdog.

 "Jangan membuatku menikah dengan pria itu," pinta Agahon. Bahkan ibunya, Mabuot, menitikkan air mata untuk melembutkan hati suaminya. "Ya," kata ayahnya. "Kamu harus menikah dengan pria yang telah kupilih untukmu." Maeopig, calon mempelai pria, sangat gembira.

Persiapan pernikahan pun dimulai. Tapi gadis itu mengunci diri di dalam kamarnya. Banyak orang menghadiri pesta pernikahan, dan yang ada (adalah) kegembiraan. Tapi pengantin wanita tidak terlihat. Dia tidak ada di rumah. Mereka menjelajahi desa untuknya dengan sia-sia. Kemudian, tubuhnya (Agahon) yang tak bernyawa ditemukan di dekat mata air, sebuah belati ditusukkan ke dalam hatinya. Daeogdog menjambak rambutnya dengan putus asa.

Malam berikutnya Agahon menampakkan diri kepada ayahnya dalam mimpi. "Aku adalah roh putrimu," kata suara semerdu air mata air yang jernih. "Aku datang untuk memberimu kenangan. Pergilah ke tepi mata air. Di sana kamu akan menemukan sebatang pohon tumbuh di tempat kamu menguburkanku." Lalu dia menghilang.

Keesokan paginya, orang tua yang sedih mengunjungi kuburan putri mereka. Mereka menemukan sebatang pohon besar berisi buah-buahan berbentuk hati. Buahnya manis dan harum seperti Agahon, gadis malang. Sejak saat itu, buah ini dikenal dengan nama mangga.

Cerita tersebut bercerita tentang ....

Terjemahan dari pilihan jawaban yang diberikan adalah:

  • a remembrance from a daughter — kenangan dari seorang putri
  • the wedding of Maeopiog and Agahon — pernikahan Maeopiog dan Agahon
  • a stubborn man and his hapless daughter — seorang pria keras kepala dan putrinya yang malang
  • the growing tree on the grave of the daughter — pohon yang tumbuh di kuburan putrinya

Soal ini menanyakan tentang isi dari teks naratif di atas. Teks tersebut bercerita tentang seorang anak yang mengakhiri hidupnya sendiri karena dipaksa menikahi seseorang yang tidak dia inginkan. Beberapa tokoh yang ada di cerita ini yaitu:

  • Daeogdog, seorang ayah dengan sifat kasar, suka memaksakan kehendak, dan keras kepala.
  • Maubuot, seorang ibu yang baik dan lembut.
  • Agahon, anak Daeogdog yang cantik namun malang.
  • Maeopig, calon suami Agahon yang memiliki sifat serupa dengan Daeogdog.

Pada awalnya, banyak orang yang berkunjung ke rumah Daeogdog untuk melamar Agahon, namun di antara mereka yang dipilih Daeogdog adalah pria dengan sifat yang tidak bisa dikontrol. Agahon sudah memohon ayahnya bahwa ia tidak mau menikahi pria tersebut tapi ayahnya yang keras kepala tetap ingin Agahon menikahi Maeopig. Hari pernikahan tiba tapi ternyata Agahon sudah menyerah dengan hidup dan mengakhiri hidupnya dengan sebuah belati menancap di jantungnya. Inti dari cerita ini adalah ayah yang keras kepala dan anak perempuannya yang malang.

Berdasarkan penjelasan ini, maka jawaban yang benar dari soal ini adalah "a stubborn man and his hapless daughter".

Video
17 Maret 2023
Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas IX
Rangkuman
08 April 2021
Bab 3 | Narrative Text | Bahasa Inggris | Kelas 11

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal