Cermati teks berikut!

Alkisah, zaman dahulu ada seorang pangeran yang sedang mencari permaisuri. Ia bekelana bersama pengawalnya untuk menemukan belahan jiwanya. Sampai di sebuah kota, pangeran itu mengumumkan sayembara, “Barang siapa ingin menjadi istriku harus berani menatap cermin ini. Cermin ini mampu melihat segala perbuatan baik dan buruk siapa saja selama ia hidup."

Begitu sayembara itu disebar, para gadis di kota tersebut beramai-ramai mengunjungi sang pangeran dengan penampilan terbaik mereka. Namun setelah diminta bercermin mereka tidak berani maju dan memilih pulang saja.

Di antara para gadis yang datang mengunjungi pangeran, ada satu gadis desa yang tidak berdandan ataupun mengenakan gaun mewah. Ia bahkan tidak beralas kaki. Namun ia berani melangkah di depan cermin tersebut. Kata gadis itu,"Kesalahan adalah hal yang wajar dan setiap kesalahan pasti akan membawa hikmah." Mendengar hal itu, pangeran langsung mengaku bahwa cermin itu bukanlah cermin ajaib. Alasannya mengatakan hal tersebut adalah supaya terlihat siapa yang benar-benar tulus menjadi istrinya. Pangeran dan gadis desa akhirnya menikah dan hidup bahagia.

Keteladanan yang ditunjukkan oleh tokoh gadis desa pada cerita tersebut adalah ....

A

memiliki sikap yang berani untuk mengakui kesalahan diri sendiri dan tidak berkecil hati karenanya

B

berani untuk mengemukakan pemikiran diri sendiri

C

berani untuk bercita-cita tinggi menjadi permaisuri pangeran walaupun berasal dari desa

D

tidak berpura-pura kaya di depan orang lain

Pembahasan:

Keteladanan tokoh adalah sikap terpuji seorang tokoh yang hendak dicontohkan pada pembaca cerita. Berdasarkan teks dongeng tersebut keteladanan yang ditunjukkan adalah “memiliki sikap yang berani untuk mengakui kesalahan diri sendiri dan tidak berkecil hati karenanya”. Keteladanan ini diceritakan lewat persetujuan pangeran terhadap ujaran gadis mengenai adanya kesalahan di setiap orang dan hal itu adalah wajar adanya. Pernikahan gadis desa dengan pangeran ibarat ‘pahala’ karena ia berani bercermin dan tidak takut mengakui kesalahannya. Menurut penulis, sikap inilah yang hendaknya diteladani dari tokoh gadis.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.991 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini