Cermati teks berikut!

Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak-anaknya setelah suaminya meninggal dunia. Kenyataan pahit yang ia alami bermula dari suaminya yang meninggal dunia karena kecelakaan ketika menyeberangi jalan saat menjemput si sulung di sekolahnya.

Makna kata yang diberi garis bawah pada teks di atas adalah ....

A

rasa tidak sedap seperti rasa empedu

B

tidak menyenangkan hati

C

tidak mudah diterima

D

memprihatinkan

Pembahasan:

Makna kata adalah arti/maksud yang tersimpul dari sebuah kata. Makna kata bisa menggambarkan keadaan sesungguhnya atau menggambarkan ungkapan sifat tertentu.

Pada soal ditanyakan makna pahit. Kata pahit sendiri berarti rasa tidak sedap seperti rasa empedu. Namun jika digabung dengan kata kenyataan menjadi kenyataan pahit, artinya menjadi berbeda. Jika rasa pahit tidak menyenangkan di lidah, maka penggunaan "pahit" pada kenyataan maksudnya adalah tidak menyenangkan di hati. Kenyataan yang tidak menyenangkan hati yang dimaksud adalah perjuangan untuk menghidupi dan mendidik anak-anaknya sendiri tanpa suaminya yang sudah meninggal. Beban ini tentulah sangat berat, terutama jika ditanggung sendiri tanpa suami.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.882 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini