Cermati teks berikut!

Timun Mas

Dahulu kala hiduplah seorang ibu yang tidak kunjung memiliki anak. Karena ingin sekali memiliki anak, ia pergi ke gunung keramat yang dipercayai memiliki kekuatan ajaib oleh warga desa. Di atas gunung, sang ibu bertemu dengan Buto Ijo yang dapat mengabulkan permintaannya tetapi dengan syarat anak yang diberikan akan diminta kembali untuk dimakan Buto Ijo setelah ia beranjak dewasa. Sang ibu menyanggupi permintaan Buto Ijo. Buto Ijo lalu memberikan sebutir biji timun pada sang ibu untuk ditanam di kebunnya.

Selang beberapa saat, sang ibu melihat biji timun yang ditanam sudah menjadi timun yang besar, seukuran tubuh bayi. Sang ibu membelah timun itu dan ia pun terkejut, karena ada seorang bayi perempuan di dalam timun tersebut. Oleh sang ibu, anak perempuan itu diberi nama Timun Emas.

Lima belas tahun berlalu, Timun Emas tumbuh jadi gadis remaja yang cantik. Suatu pagi penduduk desa menjadi gaduh dan ketakutan, karena ada suara auman dari arah gunung keramat itu. Ternyata Buto Ijo sedang mengamuk meminta keinginannya dipenuhi sang ibu. Ia menagih janji pada ibu Timun Emas untuk menyerahkan anaknya pada Buto Ijo untuk dimakan. Sang ibu tidak mau menepati janji dan malah menyuruh Timun Emas untuk melawan Buto Ijo.

Walaupun takut, Timun Emas tidak menyerah. Singkat cerita, ia berhasil mengalahkan Buto Ijo dan akhirnya dapat kembali ke pelukan ibunya. 

Tokoh utama dalam cerita Timun Emas tersebut adalah ….

A

Timun Emas

B

gunung keramat

C

sang ibu

D

Buto Ijo

Pembahasan:

Tokoh utama adalah tokoh yang senantiasa ada dalam setiap peristiwa, banyak berhubungan dengan tokoh lain, dan paling banyak terlibat dengan tema cerita. Dalam cerita Timun Emas, tokoh utamanya adalah “Timun Emas”, karena dalam cerita tersebut tokoh Timun Emaslah yang paling banyak terlibat dalam tema cerita. Tema cerita yaitu pantang menyerah walaupun tantangannya berat (mengalahkan Buto Ijo). Dalam hal ini, Timun Emas adalah tokoh yang pantang menyerah dan terus berjuang melawan dan akhirnya berhasil mengalahkan Buto Ijo. Karena itu Timun Emas adalah tokoh utama cerita. 

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.732 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini