Cermati teks berikut!

Legenda Sangkuriang

Zaman dahulu kala hiduplah seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Mereka hidup terpisah semenjak Dayang Sumbi memukul kepala Sangkuriang dan mengusirnya sewaktu ia masih kecil. Waktu telah lama berlalu, dan mereka dipertemukan kembali ketika Sangkuriang telah menjadi pemuda dewasa yang tampan. Ia jatuh cinta pada Dayang Sumbi dan hendak menikahinya. Akan tetapi, ketika mengetahui Sangkuriang itu adalah anaknya, Dayang Sumbi menolak lamaran Sangkuriang. Sangkuriang tetap memaksa dan tidak percaya bahwa Dayang Sumbi adalah ibunya yang tidak bisa menua.

Dayang Sumbi akhirnya memberi syarat yang sangat sulit pada Sangkuriang, yaitu Sangkuriang harus selesai membuat perahu beserta danaunya sebelum matahari terbit. Ketika tengah malam tiba, ia mengintip Sangkuriang yang tengah bekerja. Dengan terkejut ia menemukan bahwa pekerjaan Sangkuriang sudah hampir selesai karena dibantu para makhluk halus. Dayang Sumbi cemas karena merasa Sangkuriang akan dapat memenuhi syarat yang ia berikan. Untuk mencegah hal ini terjadi, lekas ia tumbuk lesung padi dan bangunkan ayam-ayam sehingga mereka berkokok. Mengira hari sudah pagi, para makhluk halus itu pergi sehingga Sangkuriang gagal menyelesaikan permintaan Dayang Sumbi. Ia pun marah lalu menjebol bendungan dan menendang perahu yang telah ia buat. Perahu tersebut akhirnya dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu. 

Latar waktu dalam cerita Legenda Sangkuriang tersebut adalah ....

A

tengah malam

B

pagi hari

C

saat matahari terbit

D

sore hari

Pembahasan:

Latar (setting) adalah penjelasan tentang suasana tempat dan waktu dalam suatu cerita. Latar dibedakan menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.

Latar waktu pada cerita ini adalah malam hari adalah “tengah malam”. Hal ini karena klimaks cerita terjadi pada tengah malam, dimana Dayang Sumbi mengintip kerja Sangkuriang dan memutuskan untuk bertindak cepat untuk menggagalkan usaha Sangkuriang meminangnya.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.158 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini