Cermati penggalan laporan hasil pengamatan berikut!

Sekolah Diminta Pastikan Siswa Buang Sampah Pada Tempatnya | DPRD KOTIM

(Sumber gambar: dprdkotim.com)

Pengamatan terhadap kecenderungan siswa membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah dilakukan di SD Bakti Sejahtera. Pengamatan ini dilakukan dengan cara mengamati perilaku siswa dalam membuang sampah sesuai tempatnya.

Tempat sampah yang terdapat di SD Bakti Sejahtera dibagi menjadi dua, yaitu tempat sampah organik dan tempat sampah anorganik. Tempat sampah organik digunakan untuk menampung sampah sisa sayuran, kulit buah, makanan, ranting pohon, dan dedaunan kering. Sementara itu, tempat sampah anorganik digunakan untuk menampung sampah plastik, kaleng minuman, kertas, dan kantong plastik. Sosialisasi mengenai tempat pembuangan sampah sudah dilakukan sejak siswa berada di kelas satu. [...] sehingga siswa masih cenderung membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks di atas adalah ...

A

Meski begitu, kesadaran siswa SD Bakti Sejahtera untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah

B

Siswa SD Bakti Sejahtera juga sudah diingatkan terus-menerus melalui pengumuman setiap pagi dan sebelum jam istirahat

C

Akan tetapi, siswa SD Bakti Sejahtera masih belum bisa membedakan jenis sampah yang mereka buang

D

Dengan sosialisasi tersebut, seharusnya siswa SD Bakti Sejahtera sudah mengetahui hal yang harus dilakukan

Pembahasan:

Untuk menemukan kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang, kita terlebih dahulu perlu mengamati kalimat sebelum dan sesudah bagian yang rumpang.

Pada kalimat sebelum bagian rumpang dijelaskan bahwa sosialisasi untuk membuang sampah sesuai dengan jenis sampah telah dilakukan sejak siswa berada di kelas satu.

Kalimat setelah bagian rumpang adalah sehingga siswa masih cenderung membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah.

Dari kedua kalimat di atas dapat disimpulkan bahwa bagian yang rumpang hanya akan tepat jika diisi dengan kalimat yang menyampaikan kemungkinan penyebab siswa SD Bakti Sejahtera masih cenderung membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah. Sosialisasi sudah diberikan sejak siswa kelas satu, tetapi mengapa siswa masih belum bisa membuang sampah sesuai tempatnya?

Berdasarkan pertimbangan tersebut, jawaban yang paling tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada teks adalah

Akan tetapi, siswa SD Bakti Sejahtera masih belum bisa membedakan jenis sampah yang mereka buang

Jadi meskipun sudah diberikan sosialisasi, siswa masih akan cenderung membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah jika siswa masih belum bisa membedakan jenis sampah yang mereka buang.

Apabila bagian yang rumpang tersebut dilengkapi, paragraf utuhnya akan menjadi seperti berikut.

Pengamatan terhadap kecenderungan siswa membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah dilakukan di SD Bakti Sejahtera. Pengamatan ini dilakukan dengan cara mengamati perilaku siswa dalam membuang sampah sesuai tempatnya.

Tempat sampah yang terdapat di SD Bakti Sejahtera dibagi menjadi dua, yaitu tempat sampah organik dan tempat sampah anorganik. Tempat sampah organik digunakan untuk menampung sampah sisa sayuran, kulit buah, makanan, ranting pohon, dan dedaunan kering. Sementara itu, tempat sampah anorganik digunakan untuk menampung sampah plastik, kaleng minuman, kertas, dan kantong plastik. Sosialisasi mengenai tempat pembuangan sampah ini sudah dilakukan sejak siswa berada di kelas satu. Akan tetapi, siswa SD Bakti Sejahtera masih belum bisa membedakan jenis sampah yang mereka buang sehingga siswa masih cenderung membuang sampah tanpa memperhatikan tempat sampah.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 34.880 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini