Baca teks berikut ini dengan cermat!

Jahe Merah

(Sumber gambar: lifestyle.kompas.com)

Jahe merupakan tanaman farmakologi yang cukup populer. Jahe merah merupakan jenis jahe yang mempunyai banyak khasiat. Jahe merah dikenal berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jahe jenis ini banyak ditanam masyarakat sebagai tanaman toga. Tanaman toga merupakan singkatan dari (Tanaman Obat Keluarga), hasil tanaman dari budidaya rumahan yang dijadikan obat.

Jahe merah memiliki bentuk paling kecil dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Tanaman jahe terbagi menjadi tiga jenis, antara lain jahe emprit, jahe gajah, dan jahe merah. Batang jahe merah tumbuh antara 30 cm hingga 1 meter. Rimpang jahe merah berwarna merah, itu sebabnya jahe jenis ini diberi nama jahe merah. Meski kecil, jahe merah memiliki rasa lebih pedas dan aroma lebih menyengat dibanding jenis jahe lain.

Jahe merah menjadi varietas unggul dibandingkan jahe lainnya dikarenakan kandungan senyawa aktif yang dimiliki. Kandungan senyawa aktif yang dimiliki jahe merah lebih tinggi. Sehingga jahe merah lebih banyak diburu untuk bahan baku obat-obatan tradisional. Pada jahe merah ada senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Senyawa yang dimiliki jahe merah tersebut di antaranya, shagaol, gingrol, zingeron, capsaicin, farnesene, cineole, caprylic acid, asparatic, linolelic acid, asparatic, linolenic acid, hingga minyak atsiri.

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri lebih banyak. Kandungan minyak astiri sangat bermanfaat untuk meredakan batuk dan bisa dikonsumsi semua orang, termasuk anak-anak. Sedangkan kandungan zingeron sangat membantu mencegah peradangan usus, bekerja aktif menghambat enzim pemicu inflamasi.

Kepala Kelompok Penelitian dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa jahe mempunyai fungsi sebagai immunomodulator. Selain itu, jahe merah juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Efek tersebut bisa untuk meredakan peradangan berlebihan pada paru-paru seperti yang disebabkan oleh virus corona.

(Dikutip dari berbagai sumber, dengan penyesuaian)

Rangkaian gagasan pokok tiap paragraf dari teks laporan di atas adalah ...

A

Jahe merah adalah jenis tanaman obat yang cukup sering digunakan oleh masyarakat karena khasiat yang dimilikinya. Bentuk jahe merah paling kecil di antara varietas jahe lain. Banyaknya senyawa aktif yang dimiliki jahe merah membuatnya lebih unggul dari jahe lain. Jahe merah juga memiliki kandungan minyak astiri lebih banyak. Kandungan yang dimiliki jahe merah mempunyai fungsi sebagai immunomodulator.

B

Jahe merah merupakan jahe yang memiliki paling banyak khasiat. Tanaman jahe terbagi atas tiga varietas. Jahe merah lebih banyak diburu karena kandungan senyawa aktif yang dimiliki. Kandungan minyak astiri yang dimiliki jahe merah bagus untuk anak-anak. Banyak masyarakat yang mengonsumsi jahe merah.

C

Jahe merah menjadi tanaman toga yang banyak ditanam masyarakat. Jahe jenis ini dinamakan jahe merah karena rimpangnya berwarna merah. Jahe merah memiliki senyawa yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan zingoren jahe merah sangat efektif untuk menghambat enzim pemicu inflamasi. Jahe merah memiliki kandungan antiinflamasi dan antioksidan.

D

Tanaman toga merupakan singkatan dari (Tanaman Obat Keluarga), yaitu hasil tanaman obat dari budidaya keluarga. Jahe merah memiliki rasa yang lebih pedas dan aroma lebih menyengat meskipun bentuknya kecil. Kandungan senyawa aktif yang dimiliki jahe merah lebih tinggi. Kandungan minyak astiri dalam jahe merah bisa dikonsumsi oleh siapaun.

Pembahasan:

Gagasan pokok paragraf adalah topik utama atau ide dasar dalam sebuah paragraf.

Cara menemukan gagasan pokok adalah membaca dengan cermat sebuah paragraf dan mencari kalimat utama yang membatasi pembahasan sebuah paragraf. Kalimat utama biasanya terletak di awal paragraf atau akhir paragraf dan bentuknya pernyataan umum.

Merangkai gagasan pokok tiap paragraf berarti mengumpulkan ide pokok tiap paragraf.

Jadi jawaban yang benar adalah,

Jahe merah adalah jenis tanaman obat yang cukup sering digunakan oleh masyarakat karena khasiat yang dimilikinya. Bentuk jahe merah paling kecil di antara varietas jahe lain. Banyaknya senyawa aktif yang dimiliki jahe merah membuatnya lebih unggul dari jahe lain. Jahe merah juga memiliki kandungan minyak astiri lebih banyak. Kandungan yang dimiliki jahe merah mempunyai fungsi sebagai immunomodulator.

Ide pokok paragraf kesatu adalah jahe merah adalah jenis tanaman obat yang cukup sering digunakan oleh masyarakat karena khasiat yang dimilikinya.

Ide pokok paragraf kedua adalah bentuk jahe merah paling kecil di antara varietas jahe lain.

Ide pokok paragraf ketiga adalah banyaknya senyawa aktif yang dimiliki jahe merah membuatnya lebih unggul dari jahe lain.

Ide pokok paragraf keempat adalah jahe merah juga memiliki kandungan minyak astiri lebih banyak.

Ide pokok paragraf kelima adalah Kandungan yang dimiliki jahe merah mempunyai fungsi sebagai immunomodulator.

Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 40.641 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini