Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Simpulan Isi Berita

Soal

Pilgan

Bacalah paragraf berita di bawah ini!

Razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dilakukan pada Senin (28/01/19) di salah satu warung internet (warnet) pada saat jam sekolah. Hal ini dilakukan karena maraknya siswa yang kabur dari sekolah namun pamit berangkat ke sekolah pada orang tua. Satpol PP menciduk adanya tiga pelajar SD kelas 5 dan dua pelajar tingkat SMP sedang bermain game online di warnet tersebut. Ketika ditanya mengapa tidak pergi ke sekolah, kelima anak yang menyandang status siswa tersebut mengaku telah membolos sekolah. Setelah dibawa ke kantor polisi setempat, akhirnya siswa-siswa tersebut dikembalikan ke orang tua masing-masing.


Pertanyaan yang tidak sesuai dengan isi paragraf berita tersebut adalah ...

A

Mengapa dilakukan razia tersebut?

B

Siapakah yang terciduk oleh Satpol PP saat melakukan razia?

C

Bagaimana tindakan Satpol PP setelah me-razia anak-anak tersebut?

D

Mengapa kenakalan remaja semakin marak dengan kasus kebohongan?

Pembahasan:

Mari kita menganalisis pilihan jawaban yang memuat pertanyaan tersebut. Apabila kita cermati, jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat pada paragraf berita di atas. Misal:

  • Mengapa dilakukan razia tersebut?

Jawabannya adalah: Karena maraknya siswa yang kabur dari sekolah namun pamit berangkat ke sekolah pada orang tua. Kalimat ini terdapat pada paragraf kalimat kedua.

  • Siapakah yang terciduk oleh Satpol PP saat melakukan razia?

Jawabannya adalah: Tiga pelajar SD kelas 5 dan dua pelajar tingkat SMP. Kalimat ini adalah penggalan kalimat ketiga dalam paragraf tersebut.

  • Bagaimana tindakan Satpol PP setelah me-razia anak-anak tersebut?

Jawabannya adalah: Satpol PP membawa ke Kantor Polisi setempat dan mengembalikan anak-anak tersebut kepada orang tua masing-masing. Hal ini sebagai simpulan kalimat terakhir paragraf tersebut yaitu: Setelah dibawa ke Kantor Polisi setempat akhirnya siswa-siswa tersebut dikembalikan ke orang tua masing-masing.

Sedangkan pilihan jawaban: Mengapa kenakalan remaja semakin marak dengan kasus kebohongan? tidak memiliki jawaban yang terdapat pada paragraf berita tersebut. Sehingga jawaban yang benar dari pertanyaan yang tidak sesuai dengan isi paragraf berita tersebut adalah Mengapa kenakalan remaja semakin marak dengan kasus kebohongan?

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Gagasan Pokok Teks | Bahasa Indonesia | Kelas 4 | Tema 1 Indahnya Kebersamaan | Subtema 1 Keragam...

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal