Bank Soal Bahasa Indonesia SMP Simpulan Isi Berita

Soal

Pilgan

Cermati kutipan berita berikut!

Jumlah pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada masa ramai kunjungan selama libur Lebaran 2019 mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Hal itu dikatakan General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Putu mengatakan tahun ini jumlah pengunjung Candi Borobudur pada hari ketiga setelah Lebaran, yang merupakan masa puncak kunjungan wisatawan, hanya 53.000 orang, lebih sedikit dari jumlah pengunjung candi pada kurun yang sama tahun 2018 yang sampai 55.000 orang lebih.

Penurunan jumlah pengunjung pada masa ramai selama libur Lebaran tahun ini, menurut dia, dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain panjang masa libur. Faktor lain yang juga berpengaruh, ia melanjutkan, adalah situasi politik setelah pemilihan umum, banyaknya destinasi wisata baru, kenaikan harga tiket pesawat, dan pengoperasian jalan tol trans Jawa.


(Sumber: www.genpi.co, dengan penyesuaian)


Gagasan utama paragraf ketiga adalah ....

A

faktor -faktor penyebab penurunan jumlah pengunjung Candi Borobudur

B

banyaknya destinasi wisata baru sebagai salah satu faktor penurunan jumlah pengunjung Candi Borobudur

C

penurunan jumlah pengunjung Candi Borobudur selama libur Lebaran 2019 diutarakan oleh General Manager Taman Wisata Candi Borobudur

D

situasi politik setelah pemilihan umum tidak ada hubungannya dengan penurunan jumlah pengunjung

Pembahasan:

Ide pokok atau gagasan utama dalam suatu paragraf terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama sebuah paragraf bisa terdapat di awal atau di akhir paragraf. Paragraf ketiga berita di atas menunjukkan kalimat utama yang terletak di awal paragraf. Hal ini dibuktikan dengan kalimat penjelas setelah kalimat pertama yang memiliki korelasi kuat yang merujuk kepada kalimat sebelumnya. Kalimat utama paragraf ketiga tersebut adalah:

Penurunan jumlah pengunjung pada masa ramai selama libur Lebaran tahun ini, menurut dia, dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain panjang masa libur.

Sehingga gagasan utama paragraf ketiga adalah: faktor-faktor penyebab penurunan jumlah pengunjung Candi Borobudur

Video
03 Mei 2020
Kehidupan Dunia Laut Dalam
Rangkuman
15 Januari 2021
Bab 4 | Sudah Besar | Bahasa Indonesia | Kelas 4

Siswa

Ingin latihan soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Guru

Ingin akses bank soal, nonton, atau unduh materi belajar lebih banyak?

Buat Akun Gratis

Soal Populer Hari Ini

Cek Contoh Kuis Online

Kejar Kuis

Cek Contoh Bank Soal

Kejar Soal