Baca teks berikut ini dengan cermat.

Akibat adanya wabah virus corona, segala jenis kegiatan belajar mengajar diliburkan untuk sementara waktu. Format pengajaran pun harus berubah. Sebagai gantinya, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring (online). Namun, kegiatan tersebut sering kali mengalami kendala.

Hal itulah yang membuat seorang guru di Sumenep memutuskan datang ke rumah masing-masing siswa. Guru tersebut adalah Avan Fathurrahman. Avan merupakan guru di Sekolah Dasar Negeri Batuputih Laok 3, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Pembelajaran dari rumah mewajibkan Avan mengajar melalui gawai. Namun tak seperti yang diharapkan, banyak siswa yang terkendala. Tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah. Jika mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya. Selain itu, banyak orang tua siswa yang sibuk bekerja di sawah sehingga tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.

Karena kendala tersebut, Avan mengaku terpaksa melanggar imbauan dari pemerintah. Ia berkeliling ke rumah-rumah siswa tiga kali dalam seminggu. Avan harus rela menempuh jarak yang lumayan jauh dan trek yang lumayan sulit karena masuk ke desa-desa. "Bahkan jika hujan, saya harus jalan kaki ke rumah siswa," ungkapnya ketika ditanyai mengenai kesulitannya dalam mengajar. "Saya sadar ini melanggar imbauan pemerintah, tapi mau gimana lagi?"

(Sumber: Liputan6.com, dengan penyesuaian)

Yang membuat Avan melanggar imbauan pemerintah dan mengajar ke rumah siswa adalah ....

A

karena siswa tidak memiliki buku pelajaran

B

karena ada siswa yang tidak memiliki gawai

C

karena Avan tidak memiliki gawai

D

karena banyak anak yang tidak mau belajar

Pembahasan:

Untuk mengetahui alasan Avan melanggar imbauan dari pemerintah dan memutuskan mengajar ke rumah siswa, mari kita cermati paragraf ketiga teks di atas.

Paragraf ketiga teks di atas berisi kendala yang dialami siswa dalam pembelajaran secara online. Kendala para siswa tersebutlah yang menyebabkan Avan melanggar imbauan pemerintah. Kendala tersebut adalah sebagai berikut.

Tak semua siswa memiliki gawai untuk belajar dari rumah.

Jika mereka memiliki gawai, tak semua siswa tahu cara pemakaiannya.

Selain itu, banyak orang tua siswa yang sibuk bekerja di sawah sehingga tak memiliki waktu untuk membimbing anaknya.

Jadi, salah satu alasan yang membuat Avan melanggar imbauan pemerintah dan mengajar ke rumah siswa adalah

karena ada siswa yang tidak memiliki gawai.

Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Nonfiksi - Informasi dalam Teks Menggali Informasi KD3.8
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.104 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini