Baca teks berikut ini dengan cermat!

Spesies Baru, Cecak Batu

Cecak adalah salah satu reptil yang mudah ditemukan merayap di dinding dan pohon. Cecak dan tokek masih tergolong satu suku, yaitu suku Gekkonidae. Indonesia yang merupakan wilayah tropis adalah habitat yang sangat cocok bagi cecak. Makanan reptil ini adalah serangga.

Pada tahun 2018, sebuah penelitian menemukan spesies cecak baru di Indonesia, tepatnya di Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Sesuai dengan tempat ditemukannya, cecak tersebut kemudian diberi nama Cnemaspis muria. Cecak tersebut menjadi spesies yang istimewa karena pertama kalinya ditemukan jenis cecak batu di Pulau Jawa. Cecak jenis ini tinggal di bebatuan di sepanjang sungai dan perkebunan kopi.

Cecak batu mempunyai ciri-ciri morfologi berupa pupil yang bulat. Panjang tubuhnya mencapai 5,8 cm. Terdapat sepasang struktur turbekular seperti kerucut pada kepala bagian belakang. Cecak batu jantan mempunyai warna perut dan pangkal kuning, serta ujung ekor putih. Sementara itu cecak batu betina mempunyai warna perut putih dan setengah panjang ekor bagian belakang dihiasi warna hitam putih, berselang-seling seperti cincin.

Penemuan jenis cecak baru tersebut membuktikan jika Indonesia mempunyai keragaman hayati yang sangat kaya. Penemuan-penemuan baru semacam itu membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Sangat diharapkan Pemerintah Indonesia bisa memberikan perhatian dan apresiasi lebih terhadap keanekaragaman hayati tersebut.

(Sumber: mongabay.co.id, dengan penyesuaian)

Spesies cecak baru yang ditemukan di Gunung Muria, Kudus merupakan spesies yang istimewa karena ....

A

menjadi spesies jenis cecak batu yang pertama kalinya ditemukan di Indonesia

B

menjadi spesies cecak batu yang pertama kalinya ditemukan di Pulau Jawa

C

mempunyai warna ekor berselang-seling seperti cincin

D

mempunyai habitat di bebatuan dan perkebunan kopi

Pembahasan:

Untuk mengetahui penyebab cecak batu yang ditemukan di Gunung Muria dikatakan istimewa, mari kita cermati paragraf kedua teks di atas.

Paragraf kedua teks di atas bercerita tentang penemuan spesies cecak batu di Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Bagian yang menjelaskan keistimewaan spesies cecak tersebut terdapat pada kalimat ketiga.

Cecak tersebut menjadi spesies yang istimewa karena pertama kalinya ditemukan jenis cecak batu di Pulau Jawa.

Jadi, spesies cecak baru yang ditemukan di Gunung Muria, Kudus merupakan spesies yang istimewa karena menjadi spesies cecak batu yang pertama kalinya ditemukan di Pulau Jawa.

Bahasa Indonesia Kelas 6 Membaca Teks Nonfiksi - Informasi dalam Teks Menggali Informasi KD3.8
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 44.088 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini