Cermati penggalan resensi buku berikut!

(Sumber gambar: kobo.com)

Buku berjudul The Little Prince ini dikarang oleh seorang pilot bernama Antoine Marie Roger de Saint-Exupery yang berasal dari Perancis. Ia menulis buku ini semasa Perang Dunia II pada tahun 1941 sampai 1943 dalam pengasingannya di Amerika.

Buku ini menceritakan kisah hidup seorang pilot yang terpaksa berada di tengah Gurun Sahara karena pesawatnya yang mogok saat ia sedang melakukan penerbangan. Pada akhirnya, pilot tersebut terpaksa bermalam di sana dalam kondisi sendirian, tanpa seorang teman. Besok paginya, ia terbangun karena mendengar ada seseorang yang berbicara kepadanya. Seseorang itu adalah The Little Prince atau Pangeran Cilik. Pangeran Cilik itu meminta sang Pilot untuk menggambarkannya seekor domba. Setelah beberapa kali diminta, barulah pilot itu mengabulkan permintaan Pangeran Cilik.

Seiring berjalannya waktu, sang Pilot akhirnya mengetahui kisah dan asal usul Pangeran Cilik. Mereka saling berbicara dan bercerita sembari sang Pilot membenarkan pesawatnya. Ternyata, Pangeran Cilik bukanlah manusia Bumi. Ia memutuskan untuk pergi dari planetnya karena rasa lelah yang meliputi Pangeran Cilik akibat angkuhnya sekuntum bunga mawar yang dicintainya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Bagaimana sang Pilot bisa bertemu dengan Pangeran Cilik?

A

Pangeran Cilik menceritakan alasannya meninggalkan planetnya sendiri.

B

Pangeran Cilik membangunkan sang Pilot dengan memintanya untuk menggambarkannya seekor domba.

C

Sang Pilot mengabulkan keinginan Pangeran Cilik untuk kembali ke planetnya.

D

Sang Pilot dan Pangeran Cilik ternyata sudah saling mengenal sejak lama.

Pembahasan:

Apabila kita ingin mengetahui cara sang Pilot akhirnya bertemu dengan Pangeran Cilik, kita dapat mengamati kalimat ketiga hingga kalimat kelima pada paragraf kedua.

Besok paginya, ia terbangun karena mendengar ada seseorang yang berbicara kepadanya. Seseorang itu adalah The Little Prince atau Pangeran Cilik. Pangeran Cilik itu meminta sang Pilot untuk menggambarkannya seekor domba.

Dari informasi yang terdapat dalam kalimat-kalimat tersebut, dapat disimpulkan bahwa cara sang Pilot akhirnya bertemu dengan Pangeran Cilik adalah

Pangeran Cilik membangunkan sang Pilot dengan memintanya untuk menggambarkannya seekor domba.

Bahasa Indonesia Kelas 5 Membaca Klasifikasi Informasi dan Penggunaan Kata Tanya Hasil Klasifikasi Informasi KD4.2
Ingin latihan soal-soal dengan topik yang sama?

Coba kuis

Ingin cari soal-soal dengan topik yang sama?

Bank Soal


Ayo daftar untuk mendapatkan 43.886 soal latihan!

Daftar sekarang!

Soal Populer Hari Ini